Sosok Jackson, Pemuda yang Diberi Jaket oleh Presiden Jokowi, Ada Kisah Heroik di Baliknya

- Sabtu, 10 April 2021 | 15:47 WIB
Jackson dengan jaket bomber Jokowi (ANTARA/Andi Firdaus)
Jackson dengan jaket bomber Jokowi (ANTARA/Andi Firdaus)

Seorang pemuda bernama Jackson dihadiahi jaket oleh Presiden Jokowi saat berkunjung ke NTT. Kala itu Jokowi meninjau korban bencana longsor di Desa Nelelamadike, Kecamatan Ile Boleng, Kabupaten Flores Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Jackson menjadi satu-satunya warga yang menerima jaket bomber dari Presiden Jokowi tersebut. Tak banyak kata yang terucap dari bibir Jackson saat ditanyai wartawan.

Dia hanya mendongak dan berusaha menahan agar tidak menangis. Beberapa warga mengatakan bahwa Jackson bagai pahlawan.

Dia yang membangunkan penduduk Nelelamadike saat lumpur setebal tujuh meter dan bebatuan menghantam kampung.

Padahal, Jackson bukan warga Kampung Lamanele di Desa Nelelamadike. Warga setempat menyebutnya penduduk dari desa sebelah.

Sudah 22 tahun dia tinggal bersama sang nenek di Pulau Adonara Timur.

"Mama saya di Malaysia," katanya.

Bencana itu dimulai ketika warga yang kelelahan usai sibuk dengan Malam Paskah, tertidur lelap. Jackson yang sedang melintas menyadari ada yang tidak beres ketka lumpur naik cepat hingga mencapai lutut.

dia berlari cepat dan mendekati sebanyak mungkin rumah penduduk yang bisa dia capai. Entah kenal atau tidak, tujuan Jackson hanya membangunkan mereka agar menyelamatkan diri.

Sayangnya, tidak semua bisa dia bangunkan. Mereka yang tetap tertidur, pada akhirnya tewas terkubur hidup-hidup oleh longsor.

"Saya membangunkan orang-orang. Ada 13 pintu yang saya gedor malam itu, tapi tidak semuanya sekarang hidup," kata Jackson.

Kampung Lamanele adalah kawasan terparah yang diterjang longsor. 55 penduduk meninggal, 1 masih hilang, dan terluka sebanyak 34 orang.

Halaman:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

X