Donald Trump Ancam Tidak Menonton NFL dan Sepakbola Lagi, Kenapa?

- Senin, 15 Juni 2020 | 00:38 WIB
Presiden AS Donald Trump (REUTERS/Jonathan Ernst)
Presiden AS Donald Trump (REUTERS/Jonathan Ernst)

Presiden Amerika Serikat Donald Trump berkata tidak akan menonton National Football League (NFL) dan Sepak Bola AS, apabila para pemain tidak berdiri saat lagu kebangsaan dinyanyikan sebelum pertandingan, dilansir dari BBC, Minggu (14/6/2020).

Sebelumnya, Federasi Sepak Bola Amerika Serikat (USSF) mencabut ketentuan agar para pemain harus berdiri tegak selama lagu kebangsaan dinyanyikan sebelum pertandingan.

USSF mengakui bahwa ketentuan itu "salah dan mengurangi esensi dan pesan penting dari "Black Lives Matter." Namun, keputusan itu dikritik oleh anggota Kongres Partai Republik Matt Gaetz.

"Saya lebih suka AS tidak memiliki tim sepak bola dibandingkan memiliki tim sepak bola yang tidak akan berdiri untuk Lagu Kebangsaan Nasional. Anda seharusnya tidak bermain di bawah bendera kami sebagai tim nasional kami bila Anda tidak akan berdiri ketika lagu dinyanyikan." tulisnya di akun Twitter.

Trump kemudian me-retweet cuitan ini dan menambahkan, "Saya tidak akan menonton lagi! Dan sepertinya NFL juga menuju ke arah itu, tetapi saya tidak akan menonton!"

Seperti diketahui, aksi berlutut saat ini menjadi salah satu cara protes sekaligus menghormati kematian pria berkulit hitam AS, George Floyd.

Pose ini mirip dengan tindakan polisi Derek Chauvin saat menahan George Floyd dan mengakibatkan dia tak bisa bernapas hingga meninggal dunia.

Menurut Donald Trump, aksi berlutut itu tidak menghormati bendera Amerika dan negara.

Trump juga mengkritik komisaris NFL Roger Goodell karena mengubah aturan agar para pemain dipersilahkan berlutut selama lagu kebangsaan.

Goodell sendiri mengatakan bahwa NFL akan mendorong para pemain untuk berbicara dan memprotes kematian George Floyd di Minneapolis. NFL mencoret kebijakannya untuk menghukum pemain yang berlutut selama lagu kebangsaan.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Rekomendasi

Terkini

Motor Kepeleset, Dua Jambret Ditangkap di Monas

Senin, 18 Maret 2024 | 14:10 WIB
X