8 Juta Orang di Amerika Tengah Mengalami Kelaparan Tahun Ini

- Rabu, 24 Februari 2021 | 09:58 WIB
Ilustrasi balita yang mengalami gizi buruk. (REUTERS)
Ilustrasi balita yang mengalami gizi buruk. (REUTERS)

Kurang lebih delapan juta orang di beberapa negara di Amerika Tengah mengalami kelaparan. Negara-negara tersebut yakni El Salvador, Guatemala, Honduras, dan Nikaragua dimana jumlah ini hampir empat kali lipat dalam dua tahun terakhir ini ketika dilanda krisis ekonomi.

Data baru yang dirilis oleh Program Pangan Dunia (WFP) PBB menunjukkan hampir 8 juta orang di empat negara itu mengalami kelaparan tahun ini, naik dari 2,2 juta dibanding tahun 2018.

Direktur Regional WFP untuk Amerika Latin dan Karibia dalam pernyataan pada Selasa (23/2/2021 menyebut, penyebab utama dari kelaparan ini adalah Covid-19.

"Krisis ekonomi yang disebabkan oleh COVID-19 menempatkan makanan di rak-rak pasar tak terjangkau oleh orang-orang yang paling rentan ketika badai kembar Eta dan Iota menghantam mereka lebih jauh," kata Miguel Barreto seperti dikutip dari Reuters, Rabu (24/2/2021).

WFP juga mengatakan bahwa 15 persen dari mereka yang disurvei oleh organisasi itu pada Januari 2021 mengatakan bahwa mereka membuat rencana konkret untuk bermigrasi - hampir dua kali lipat persentase pada 2018.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X