Panglima TNI Pastikan Netralitas TNI dalam Pelaksanaan Pilkada 2020

- Selasa, 29 September 2020 | 00:26 WIB
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. (Photo/ANTARA/HO-Puspen TNI)
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. (Photo/ANTARA/HO-Puspen TNI)

Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto memastikan netralitas TNI dalam pelaksanaan Pilkada serentak 2020. Hal itu disampaikannya dalam rapat internal TNI di Markas Besar TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (26/9/2020).

Di sisi lain, rapat itu juga dihadiri oleh Kepala Staf TNI AD, Jenderal TNI Andika Perkasa, Kepala Staf TNI AL, Laksamana TNI Yudo Margono, Kepala Staf TNI AU, Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, dan jajaran panglima Komando Utama TNI melalui konferensi video.

Rapat tersebut juga membahas tentang Operasi Pendisiplinan Protokol Kesehatan Covid-19 dan tahapan pelaksanaan Pilkada Serentak 2020. Rapat itu diawali pemaparan Asisten Operasi Panglima TNI, Mayor Jenderal TNI Tiopan Aritonang, terkait Operasi Pendisiplinan Protokol Kesehatan, Percepatan Penanganan Covid-19 dan Pilkada Serentak 2020.

Tak hanya itu, Tjahjanto pun memerintahkan agar jajaran TNI membantu Pemda, KPU Daerah, dan Badan Pengawas Pemilu di daerah dalam pelaksanaan tahapan Pilkada sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 10/2020, untuk menekan penularan Covid-19 dan memastikan netralitas TNI dalam Pilkada.

Selain itu, ia meminta jajarannya agar melaksanakan koordinasi terkait pembentukan Posko Gabungan Terpadu sebagai wadah koordinasi seluruh pemangku kepentingan.

"Optimalkan tugas yang diamanatkan dalam Inpres Nomor 6/2020. Bangun koordinasi yang baik dengan Polri, Pemda dan instansi terkait. Laksanakan sosialisasi Pilkada Serentak tahun 2020 tanpa kerumunan dan pengerahan massa di bawah koordinasi Pokja Bawaslu dari tingkat pusat sampai daerah. Disinilah peran satuan kewilayahan sangat strategis," katanya.

"Intensifkan pendekatan berbasis kearifan setempat untuk memenangkan hati dan pikiran rakyat sebagai modal utama mencapai keberhasilan operasi," tutupnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X