Soal Suara Dentuman di Bandung, Pihak Lapan Berikan Komentar

- Senin, 25 Mei 2020 | 14:55 WIB
Ilustrasi suara dari langit. (Instagram/@lapan_ri).
Ilustrasi suara dari langit. (Instagram/@lapan_ri).

Baru-baru ini, masyarakat di wilayah Bandung, Jawa Barat dihebohkan dengan suara dentuman. Bahkan, kejadian tersebut sempat trending di berbagai media sosial dalam beberapa hari.

Mengenai fenomena yang terjadi tersebut, Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Thomas Djamaluddin pun turut mengomentarinya.

Menurut Thomas, hingga saat ini belum terdapat penjelasan ilmiah terkait suara dentuman itu. Pasalnya, hal tersebut juga dikarenakan informasi yang beredar tidak jelas.

"Sangat mungkin itu suara lokal yang berbeda-beda, tetapi dianggap saling terkait," ucap Thomas kepada Indozone, Senin (25/5/2020).

Lebih lanjut, Thomas menjelaskan dikarenakan informasi yang tersebar tersebut tidak jelas, maka menimbulkan efek yang seakan-akan terdengar oleh masyarakat luas.

"Jadi seolah suara dentuman yang didengar di wilayah yang luas. Medsos berperan menyebarkannya dan membesar-besarkannya," tutupnya.

Hingga kini pun belum terdapat penjelasan terkait dengan suara dentuman di Bandung. Namun, suara dentuman memang belakangan ini sempat terjadi di beberapa wilayah di Indonesia.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X