Mahfud MD Sudah Tahu Bagian Gedung Kejagung Mana Saja yang Terbakar, Kok Bisa?

- Sabtu, 22 Agustus 2020 | 22:02 WIB
Gedung Kejaksaan Agung RI dilalap api besar, Sabtu malam (22/8/2020). ( Indozone/Sarah Hutagaol)
Gedung Kejaksaan Agung RI dilalap api besar, Sabtu malam (22/8/2020). ( Indozone/Sarah Hutagaol)

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD cukup responsif menanggapi kebakaran Gedung Kejaksaan Agung (Kejagung) RI yang terjadi pada Sabtu malam (22/8/2020).

Hanya berselang sekitar satu jam sejak kabar kebakaran itu menyebar, Mahfud langsung menyampaikan klarifikasi melalui akun Twitter-nya @mohmahfudmd.

Dia bilang, dokumen-dokumen penting terkait kasus hukum aman, tidak ikut dilahap api.

"Terkait kebakaran di gedung kejagung, dpt diinfokan bhw dokumen perkara aman shg kelanjutan penanganan perkara takkan terlalu terganggu. Yg terbakar adl ruang intelijen dan ruang SDM. Saya sdh bcr langsung dgn Jaksa Agung Pak ST Burhanuddin dan JAM Pidum Pak Fadhil Zumhana," tulisnya.

"Spekulasi juga tak perlu terlalu jauh dikembangkan. Gedung tahanan utk para tersangka yang ditahan di kejaksaan agung juga ada di bagian lain yang tidak terjangkau oleh api. Gedung tahanan ada di belakang gedung yang agak jauh dari kobaran api. Pengamanan sdh diperketat," kata Mahfud pula.

Dalam pernyataan yang disampaikan Mahfud, terdapat bagian yang menjelaskan bahwa ia--setelah bicara dengan Jaksa Agung ST Burhanuddin dan JAM Pidum Fadhil Zumhana--sudah tahu bagian gedung mana saja yang dilahap api.

Baca juga: Gedung Kejagung Kebakaran di Malam Minggu, TKP Diamankan Polisi, Sudah Direncanakan?

Baca juga: Gedung Kejaksaan Agung Dilalap si Jago Merah, Terbakar atau Dibakar?

Hal itu menerbitkan tanda tanya bagaimana Jaksa Agung dan JAM Pidum bisa mengetahui bagian gedung mana saja yang terbakar dalam waktu secepat itu, lalu memberitahu ke Mahfud?

Tak cuma itu, kalimat "Spekulasi juga tak perlu terlalu jauh dikembangkan" juga menyiratkan sesuatu.

Terbakar atau Dibakar?

Sabtu malam (22/8/2020) ketika orang-orang tengah menikmati sisa-sisa hari libur menyusuri Jalan Sultan Hasanuddin Dalam, tiba-tiba kobaran api terlihat di Gedung Kejaksaan Agung (Kejagung) RI.

Api dengan cepat menjalar ke seluruh bagian dalam gedung, menggerogoti bangunan megah itu secara spartan.

Orang-orang di sekitar lokasi, termasuk para pengendara di jalan, heboh sekaligus heran: dari mana api bisa melahap gedung itu di malam Minggu ketika tidak ada orang yang bekerja?

-
Gedung Kejaksaan Agung RI dilalap api besar, Sabtu malam (22/8/2020). ( Indozone/Sarah Hutagaol)

Sejauh ini tidak ada korban jiwa yang dilaporkan akibat kebakaran tersebut. Setidaknya, tidak ada korban jiwa yang terpanggang karena berada di dalam gedung.

Halaman:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X