Usai Investigasi di Wuhan, WHO Bakal Umumkan Asal Usul Virus Corona pada Tanggal Ini

- Minggu, 7 Maret 2021 | 10:48 WIB
Ilustrasi. (Unsplash/@trnavskauni)
Ilustrasi. (Unsplash/@trnavskauni)

Tim dari Organisasi kesehatan dunia (World Health Organization/WHO) telah selesai melakukan investigasi di Wuhan untuk mengungkap asal usul virus Corona COVID-19.

WHO berencana mempublikasikan hasil penelitian tersebut dalam waktu dekat. Kepala Misi Tim WHO Peter Ben Embarek mengatakan bahwa hasil penyelidikan WHO ini berisi tentang asal usul virus Corona muncul di Wuhan, China pada Desember 2019 lalu.

"Saat ini dijadwalkan pada 14-15 Maret," kata Peter Ben Embarek, dalam temu media di Jenewa, dikutip dari Reuters, Minggu (07/02).

Ben Embarek mengatakan bahwa virus kemungkinan berasal dari kelelawar.  Namun belum diketahui bagaimana bisa meloncat ke manusia.

Oleh karenanya, hasil penelitian ini nantinya akan menjelaskan secara rinci bagaimana virus itu terjadi, dari mana berasal hingga bisa sampai ke tubuh manusia.

Sementara itu, Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan bahwa hasil laporan nanti akan diungkapkan secara transparan.

Penyelidikan yang dilakukan pun cukup lama. Tim WHO sudah tiba di Wuhan sejak 14 Januari lalu dengan tetap diawasi ketat oleh pihak berwenang China.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X