Ini Bukti Resmi Batik Warisan Budaya Indonesia, bukan Tiongkok!

- Senin, 13 Juli 2020 | 13:36 WIB
Ilustrasi motif kain batik khas Indonesia. (Instagram/@infobatik.id)
Ilustrasi motif kain batik khas Indonesia. (Instagram/@infobatik.id)

Sebuah media asal Tiongkok yakni Xinhuanet membuat publik terkejut dengan pemberitaan yang menyebutkan Batik merupakan kerajinan tangan asal Tiongkok. Dalam video berdurasi 49 detik disebutkan bahwa Batik erat kaitannya dengan kerajinan tangan yang menggunakan lelehan lilin di atas kain yang populer di zaman kuno.

Media tersebut juga menyatakan bahwa Batik merupakan kerajinan zaman Tiongkok kuno yang telah dimodifikasi oleh negara lain.

Padahal tepat 2 Oktober 2009 lalu, melalui sidang Intergovernmental Committee for the Safeguard of the Intangible Cultural Heritage di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, UNESCO mengukuhkan bahwa Batik merupakan warisan budaya milik Indonesia.

Seperti yang dituliskan dalam website Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Senin (13/7/2020), Batik juga sudah tercatat dalam The United Nations Educations, Scientific and Cultural Organization di bawah naungan perserikatan bangsa-bangsa (PBB) pada 4 September 2008.

Berdasarkan Konvensi Internasional Perlindungan Warisan Budaya Takbenda pasal 2 ayat 2 tahun 2003 disebutkan bahwa Warisan Budaya Takbenda terwujud atas dasar lima hal yang diutamakan di antaranya:

  1. Tradisi dan ekspresi lisan termasuk bahasa sebagai wahana warisan budaya tak benda.
  2. Seni pertunjukkan.
  3. Kebiasaan sosial, adat istiadat masyarakat, ritual dan perayaan.
  4. Pengetahuan dan kebiasaan perilaku mengenai alam semesta.
  5. Kemahiran kerajinan tradisional.

Keputusan ini telah berjalan selama 10 tahun, pemerintah dan masyarakat Indonesia juga telah gotong royong untuk memajukan dan mengenalkan Batik di mata dunia.


Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X