Dilaporkan Karena Buku 'Pak Ganjar Tak Pernah Bersyukur', Ini Kata Penerbit

- Selasa, 16 Februari 2021 | 20:09 WIB
Istimewa
Istimewa

Penerbit buku pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti yang memuat soal 'Ganjar tidak pernah bersyukur' dilaporkan ke polisi oleh Forum Wali Murid Jawa Tengah.

Pelaporan tersebut dilakukan lantaran di dalam buku yang diterbitkan oleh PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri itu terdapat kalimat yang dinilai telah melanggar Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak. 

Selain itu, berdasarkan informasi yang dihimpun, Koordinator Forum Wali Murid Jawa Tengah Tangguh Perwira menyebutkan adanya upaya untuk meracuni dunia pendidikan anak dan mengarahkan pola pikir anak untuk membenci pihak tertentu.

Seperti diketahui, sebelumnya pada Selasa, (9/2/2021) sempat viral informasi terkait adanya buku pelajaran agama yang dinilai menyinggung pribadi gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Diketahui pada salah satu soal pelajaran yang terdapat di buku itu tertulis kalimat 'Pak Ganjar Tidak Pernah Bersyukur'. Hal ini pun menuai beragam tanggapan di kalangan masyarakat.

Sementara itu, Pihak PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri pun saat ini telah dimintai keterangan oleh kepolisian.

Pihak penerbit pun menilai pelaporan itu sebagai bentuk hak dari warga terutama orang tua murid yang merasa keberatan atas isi buku tersebut.

Penerbit juga menerangkan nama Ganjar tersebut tidak ada kaitannya dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Hal itu merupakan contoh sebuah nama saja. 

Selain itu, buku tersebut sudah terbit sejak tahun 2009 sebelum nama Ganjar Pranowo menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah pada 2013 lau.

Pihak penerbit pun menyebutkan telah mencoba untuk memberikan klarifikasi atas hal tersebut. Mereka juga berharap kepolisian dapat memfasilitasi untuk bertemu dengan Gubernur Provinsi Jawa Tengah itu untuk menyampaikan klarifikasi mereka.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X