Mengenal 5 Nama Jenderal yang Bersaing Jadi Kepala BNN Versi IPW

- Jumat, 27 November 2020 | 10:18 WIB
Badan Narkotika Nasional. (BNN)
Badan Narkotika Nasional. (BNN)

Pada 1 Desember 2020 nanti, akan ada rotasi jabatan tertinggi di tubuh Badan Narkotika Nasional (BNN). Setidaknya ada lima jenderal polisi yang akan bersaing menjadi kepala BNN menggantikan Komjen Pol Heru Winarko versi Indonesian Police Watch (IPW).

"Sedikitnya ada lima jenderal bintang dua berpangkat Irjen dilingkungan kepolisian yang akan bersaing ketat untuk bisa masuk menjadi Kepala BNN pada 1 Desember ini," kata Ketua Presidium IPW, Neta S Pane dalam keterangan tertulisnya kepada Indozone, Jumat (27/11/2020).

Neta menyebut potensi besar nama-nama yang masuk dalam calon Kepala BNN juga akan masuk ke dalam bursa calon Kapolri. Artinya, posisi Kepala BNN bisa menjadi batu loncatan anggota Polri untuk bisa meraih jabatan tertinggi di tubuh Polri tersebut.

"Jika 1 Desember nanti ada bintang dua yang masuk menjadi Kepala BNN yang bersangkutan diperkirakan juga bakal meramaikan bursa calon Kapolri," beber Neta.

Berikut lima jenderal polisi yang masuk ke dalam deretan nama kandidat Kepala BNN versi IPW:

1. Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi

-
Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi. (Istimewa)

Dari penelusuran Indozone, Irjen Agung diketahui merupakan Akpol lulusan 1988. Dia kini menjabat sebagai Kapolda Riau. Nama Irjen Agung tentunya bukan nama jenderal polisi biasa. Dia berpengalaman dalam bidang reserse.

Kasus terbarunya mengenai narkoba, dia pernah mengungkap kasus 16 kilogram narkoba jenis sabu-sabu yang melibatkan anggota polisi berpangkat Kompol. Irjen Agung pun juga pernah bertugas di Intelijen Siber BIN termasuk di Bareskrim Polri sendiri.

2. Irjen Pol Fadil Imran

-
Irjen Pol Fadil Imran. (Istimewa)

Irjen Fadil diketahui merupakan sosok kuat yang masuk ke dalam bursa calon Kapolri apalagi ketika dirinya dipindahtugaskan oleh Jenderal Idham Azis dari jabatan Kapolda Jawa Timur menjadi Kapolda Metro Jaya menggantikan Irjen Pol Nana Sudjana. Karir Fadil terlihat semakin mentereng akhir-akhir ini.

IPW menilai Irjen Fadil akan bersaing untuk menjadi Kepala BNN sekaligus memuluskan jalannya masuk dalam bursa calon Kapolri. Nama Irjen Fadil sendiri bukanlah nama asing bagi awak media.

Lulusan Akpol 1991 ini juga sama dengan Irjen Agung yang berpengalaman dalam bidang reserse. Dia bolak balik kerap menjabat diberbagai posisi strategis di tubuh Polda Metro Jaya.

Teranyar sewaktu berpangkat Kombes, dia pernah menjabat sebagai Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya. Kasus besar dia tuntaskan kala itu yakni sindikat Saracen.

3. Irjen Pol Petrus Golose

-
Irjen Pol Petrus Golose. (bali.polri)

Irjen Golose merupakan eks Kapolda Bali yang cukup lama menjabat disana. Dia menjabat sebagai Kapolda Bali selama empat tahun lamanya.

Irjen Golose diketahui merupakan lulusan Akpol tahun 1988. Irjen Golose merupakan salah satu anggota polisi yang pernah mendapat kenaikan pangkat luar biasa.

Dia bersama timnya pernah melumpuhkan kelompok teroris Azahari di Jawa Timur. Atas prestasi itu lah dia mendapat penghargaan dari Kapolri kala itu.

Halaman:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X