Polisi Perkirakan Volume Kendaraan Meningkat di Ibu Kota Saat Idul Fitri

- Jumat, 15 Mei 2020 | 09:12 WIB
Jumlah kendaraan akan meningkat saat Idul Fitri. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay).
Jumlah kendaraan akan meningkat saat Idul Fitri. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay).

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya sudah memetakan titik-titik lalu lintas yang diperkirakan akan ramai saat hari raya idul fitri tahun ini. Salah satu titiknya yaitu di DKI Jakarta yang diperkirakan volume kendaraanya akan meningkat.

"Lebaran sebelumnya DKI Jakarta lebih renggang karena orang mudik ke kampung halamannya masing-masing, tetapi tahun ini akan lebih padat," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo kepada wartawan, Jumat (15/5/2020).

Untuk mengantisipasi kepadatan lalu lintas dan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, Sambodo menyebut seluruh anggotanya akan dikerahkan bersiaga di titik-titik yang diperkirakan volume kendaraanya meningkat. Pihak kepolisian disebutnya juga sudah siap mengamankan lalu lintas saat Lebaran tahun ini.

"Tentu kami akan bersiaga dan mengatur jadwal libur anggota, artinya kami akan atur mana yang bisa kebagian akan libur karena itu tanggal merah, mana yang libur hari itu, mana yang diberikan salat kemudian turun ke jalan lagi mengatur arus lalu lintas," kata Sambodo.

"Karena memang posisi mereka akan dibagi-bagi, ada yang ditempat-tempat pemakaman, di jalur. Intinya kami siap menghadapi kenaikan volume kalau pun ada nanti pada saat Hari Raya Idul Fitri," sambung Sambodo.

-
Ilustrasi volume kendaraan di Ibu Kota. (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat).

Lebih jauh Sambodo mengatakan pihaknya akan menambah jumlah personel di titik-titik yang diperkirakan akan ramai. Tentunya personel kepolisian itu juga akan fokus menerapkan kebijakan PSBB yang berlaku.

"Tentu penambahan personel pusatkan untuk di dalam kota terutama di titik-titik yang memang kita khawatirkan terjadi kepadatan akibat adanya peningkatan volume menjelang hari raya termasuk juga pada malam Idul Fitri kita," kata Sambodo.

Selain itu, akhir-akhir ini Sambodo tidak menampik jika ada kenaikan volume kendaraan di Jakarta. Hal itu akibat banyak sektor-sektor perkantoran yang sudah mulai berangsur-angsur buka dan tidak menerapkan work from home (WFH) untuk karyawannya.

"Mungkin sudah banyak tempat kerja yang sudah mulai buka, orang bepergian di pagi hari, pulang di sore hari, adanya kenaikan volume karena mereka bekerja. Artinya kalau semakin banyak perusahaan-perusahaan sudah tidak lagi WFH atau pabrik yang buka volume keramaian akan semakin meningkat," pungkas Sambodo.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X