Muluskan Mimpi Jadi Rumah Piala Dunia, Tiongkok Gelar Piala Asia

- Jumat, 23 Oktober 2020 | 21:25 WIB
Trofi Piala Asia. (Photo/Antara)
Trofi Piala Asia. (Photo/Antara)

Menggelar putaran final Piala Asia 2023 akan memberi Tiongkok keahlian yang dibutuhkan untuk mengejar mimpi Presiden Xi Jinping menjadi tuan rumah Piala Dunia dan turnamen global lainnya.

Hal itu disampaikan oleh Du Zhaocai dari Asosiasi Sepak Bola Tiongkok, seperti yang dilansir dari Reuters, Jumat (23/10/2020). Kemudian, Du yang merupakan perwakilan Tiongkok di dewan pengambilan keputusan FIFA, memuji potensi warisan menjadi tuan rumah turnamen andalan Konfederasi Sepak Bola Asia tersebut.

"Setelah Piala Asia, kami akan mempunyai 10 stadion sepak bola profesional, yang semuanya modern dengan teknologi canggih," katanya, dikutip Xinhua, Jumat (23/10/2020).

"Kami juga berencana untuk bekerja sama dengan AFC dan FIFA untuk mengembangkan staf kami. Mereka akan menjadi ahli berpengalaman untuk event sepak bola internasional," tambahnya.

"Ini akan menjadi dasar yang kokoh bagi kami untuk menjadi tuan rumah turnamen sepak bola tingkat dunia," ujar Du.

Diketahui bahwa Tiongkok telah lama berusaha untuk menjadi tuan rumah di putaran final Piala Dunia, karena Presiden Xi yang merupakan penggemar berat sepak bola.

Du menyampaikan bahwa harapan dari Presiden Xi adalah Tiongkok bisa menjadi tuan rumah turnamen itu suatu hari nanti. Namun, mereka gagal lolos ke putaran final saat debut pada 2002 dan terancam kehilangan fase terakhir kualifikasi Asia untuk Piala Dunia Qatar 2022.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X