11 Pekerja Tambang Batu Bara Tewas Tertimbun Longsor di Muara Enim

- Kamis, 22 Oktober 2020 | 00:51 WIB
  Lokasi longsor yang menyebabkan 11 orang meninggal dunia di Desa Tanjung Lalang Kecamatan Tanjung Agung, Kabupaten Muara Enim, Rabu (21/10/2020). (Photo/ANTARA/HO-Polsek Tanjung Agung)
Lokasi longsor yang menyebabkan 11 orang meninggal dunia di Desa Tanjung Lalang Kecamatan Tanjung Agung, Kabupaten Muara Enim, Rabu (21/10/2020). (Photo/ANTARA/HO-Polsek Tanjung Agung)

Sejumlah 11 orang pekerja tambang batu bara rakyat di Desa Tanjung Lalang Kecamatan Tanjung Agung Kabupaten Muara Enim, Sumsel, dikabarkan tewas setelah tertimbun longsoran dari dinding tanah sedalam delapan meter pada Rabu (21/10/2020).

"Iya ada yang tertimbun tanah longsor dan meninggal dunia, sudah dievakuasi semua dan dibawa keluarga ke rumah masing-masing untuk disemayamkan," kata Kapolres Muara Enim AKBP Donni Eka Saputra di Palembang, dilansir dari Antara, Rabu (21/10/2020).

Sementara itu, Kapolsek Tanjung Agung AKP Faisal Pangihutan Manalu menjelaskan bahwa ke-11 korban tersebut diketahui sedang membuat semacam jalan di bawah permukaan tanah. Namun, kesebelasnya dihimpit oleh dinding tanah setinggi delapan meter.

Kemudian, dinding tanah di sisi kanan tiba-tiba longsor dan menimbun kesebelas orang tersebut, longsor terjadi diduga akibat tanah yang lembut setelah diguyur hujan deras semalaman.

Lebih lanjut, proses evakuasi berlangsung selama tiga jam menggunakan alat berat dan semua korban dapat dievakuasi pada Rabu (21/10/2020) sore ke puskesmas terdekat, lalu tim kepolisian mengidentifikasi masing-masing korban sebelum diserahkan ke keluarga.

Dari 11 korban meninggal tersebut, empat warga berasal dari Desa Tanjung Lalang, dua warga Desa Penyandingan dan lima orang warga dari Provinsi Lampung.

"Kalau selama saya jadi kapolsek baru ini ada kejadian tertimbun, tapi dari keterangan warga dulu sudah pernah ada kejadian serupa," tambahnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X