Pak Jokowi, Tolong Jangan Boyong Seluruh ASN Jakarta Ke Kalimantan!

- Rabu, 18 Desember 2019 | 05:00 WIB
Ketua DPRD Penajam Paser Utara Haji John Kenedy. (Indozone/Sigit Nugroho)
Ketua DPRD Penajam Paser Utara Haji John Kenedy. (Indozone/Sigit Nugroho)

Ketua DPRD Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Haji John Kenedy menyambut baik keseriusan pemerintah pusat yang akan memindahkan Ibu Kota Negara (IKN) ke wilayah mereka. 

John percaya, IKN baru yang akan dibangun di wilayah Penajam Paser Utara akan membuat perekonomian wilayah tersebut maju dan juga terjadi perubahan kultur menjadi lebih maju ketimbang saat ini.

Namun demikian, John menyoroti soal rencana pemerintah pusat yang akan memindahkan Aparatur Sipil Negara (ASN) dari Jakarta ke IKN baru tersebut.

Ia berharap, tak semua ASN Jakarta diboyong ke Kalimantan, agar masyarakat Kalimantan sendiri, khususnya wilayah Penajam Paser Utara bisa ikut berpartisipasi membangun wilayah dan tercipta lapangan kerja baru bagi masyarakat sekitar. 

"Harapan kita ini pertama tentu sebagai wakil masyarakat, tentunya masyarakat yang ada di sekitar ini, khususnya Penajam Paser Utara maupun Kalimantan Timur, harapannya semoga masyarakat makin sejahtera. Dengan keberadaan IKN ini dia bisa kemana-mana. Pertama masyarakat kita yang lulusan SMA ini bisa diterima sebagai ASN," ujar John kepada Indozone, di sela-sela tinjauan lokasi IKN oleh Presiden Jokowi di Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Selasa (17/12). 

Keberadaan IKN di kawasan ini, lanjut John, harus juga membawa manfaat bagi masyarakat sekitar. Ia percaya, peradaban baru masyarakat Penajam Paser Utara akan terbangun dengan adanya IKN baru di wilayah mereka. 

"Serapan tenaga kerja itu yang terpenting. Di Penajam Paser Utara ini ada 4.000 tenaga THL (Tenaga Harian Lepas). Kami berharap kepada pemerintah pusat ini agar bisa memfasilitasi THL itu menjadi ASN," tegasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X