Duh! Sampah Plastik Produk Indonesia Nyasar Hingga ke Thailand

- Senin, 12 Agustus 2019 | 17:07 WIB
Screenshot
Screenshot

Seorang netizen bernama Ivana Kurniawati (@ivana_kurniawati) membagikan potret miris pantai di Thailand yang dipenuhi sampah plastik dari Indonesia. Sampah tersebut ditemukan Ivana ketika ia sedang mengikuti kegiatan bersih-berish Pantai Nai Yang di Phuket, Thailand.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by ivana (@ivana_kurniawati) on

Ivana menemukan sejumlah sampah plastik yang bertuliskan 'Made in Indonesia'. Sampah plastik tersebut berupa cup mie instan, plastik kemasan pembersih kaca, bungkus kerupuk, bungkus racun tikus dan sandal jepit.

"Yang mengejutkan (dan tentu memalukan) bagiku adalah sebagian besar sampah yang bisa kuidentifikasi datang dari Indonesia! Sebagian besar! Entah sudah berapa tahun sampah itu mengambang di lautan," tulis Ivana di akun Instagramnya.

Ivana mengaku malu dengan penemuan sampah plastik tersebut. Ia juga meminta maaf kepada para warga setempat yang ikut membersihkan pantai di Phuket itu. Seorang warga mengatakan, kadang ada sampah dari Filipina, Malaysia, dan juga India. Namun, sampahnya nggak sebanyak yang 'dikirim' oleh Indonesia.

Ivana pun mengajak agar orang Indonesia untuk sadar menjaga lingkungan sekitarnya. "Tak banyak yang bisa kulakukan selain membagikan berita buruk ini, sebuah tamparan bagi kita semua. Aku sangat malu, berkali-kali aku meminta maaf pada masyarakat yang kutemui di pantai ini dan aku tahu kata maaf tidak cukup."

"Semoga kita terus belajar bertanggung jawab, mungkin kita belum bisa berbuat sesuatu yang berarti tapi aku percaya kita selalu bisa memulai sesuatu dari diri kita sendiri," tutup Ivana.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X