Vatikan Umumkan Hasil Tes, Paus dan Ajudan Negatif Corona
Paus Fransiskus (Vatican Media/Handout via REUTERS)
News

Vatikan Umumkan Hasil Tes, Paus dan Ajudan Negatif Corona

Minggu, 29 Maret 2020 17:08 WIB 29 Maret 2020, 17:08 WIB

INDOZONE.ID - Vatikan mengumumkan hasil tes medis virus corona terhadap Paus Fransiskus (83) serta ajudan-ajudan terdekatnya, pada Sabtu (28/3/2020). Hasilnya, Paus dan ajudannya ditanyakan negatif corona.

170 orang menjalani tes corona di seluruh Vatikan, dan enam orang dinyatakan positif virus corona Covid-19. Satu orang pasien merupakan warga Santa Marta, gedung yang juga ditinggali oleh Paus.

"Saya bisa mengonfirmasi bahwa Bapa Suci maupun ajudan dekat tidak termasuk dari mereka (yang terpapar tersebut)," kata juru bicara Matteo Bruni.

Ini merupakan pengumuman resmi pertama mengenai status kesehatan pimpinan Gereja Katolik tersebut sejak krisis COVID-19 terjadi di wilayah Italia kurang lebih mulai lima pekan lalu.

Paus saat ini berada dalam kondisi sehat, tapi ada ada bagian paru-parunya yang diangkat karena suatu penyakit ketika dia muda.

Sejak pandemi corona, Paus Fransiskus telah membatalkan kehadirannya di publik. Dia memilih melangsungkan pertemuan rutin melalui televisi atau video internet. Namun ia masih menerima sekitar lima orang pejabat Vatikan setiap hari.

Sementara itu, satu orang warga Santa Marta yang terpapar corona adalah pegawai Sekretariat Negara, dan saat ini tengah mendapat perawatan di rumah sakit di Roma.

Santa Marta sendiri berbentuk semacam gedung hotel yang mempunyai 130 ruangan kamar dengan pegawai sebanyak 30 orang. Gedung itu digunakan sebagai rumah singgah bagi para pastor yang melayani Gereja.

Satu orang lainnya yang terjangkit virus itu disebut sempat melakukan kontak dengan Paus, namun dia tidak tinggal di wilayah Gereja.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zega
Zega

Zega

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US