Jokowi Pastikan Stok Bahan Pokok Aman Jelang Ramadhan

- Kamis, 2 April 2020 | 12:56 WIB
Presiden Joko Widodo (ANTARA)
Presiden Joko Widodo (ANTARA)

Presiden Jokowi memastikan ketersediaan bahan-bahan kebutuhan pokok menjelang bulan Ramadhan aman meskipun dalam kondisi wabah virus corona.

"Mengenai persiapan Ramadhan dan hari raya Idul Fitri 1441 H, persiapan seperti ini sudah rutin kita lakukan, tapi bulan Ramadhan dan Lebaran saat ini memang berada dalam konteks yang berbeda dari sebelumnya karena kita menghadapi masalah Covid-19," kata Jokowi dalam video conference di Istana Bogor, Kamis (2/4/2020).

Jokowi mengatakan, dirinya sudah mengecek sejumlah kebutuhan pokok langsung ke lapangan. Semuanya dalam kondisi baik.

"Betul-betul harus dicek di lapangan ketersediaan bahan-bahan pokok. Saya cek ke daerah, cek ke Bulog mengenai panen raya seperti apa. Saya melihat daging, telur, gula, terigu dan lain-lainnya masih berada dalam kondisi baik," tuturnya.

Jokowi tak memungkiri ada dua harga barang yang masih belum normal yaitu gula pasir dan bawang putih.

"Tinggal mungkin gula, tadi menteri pertanian sudah menyampaikan beberapa minggu mungkin harga akan turun ke kondisi normal lagi Rp12.500/kg dan menteri perdagangan juga menyampaikan ke saya bawang juga sudah beberapa sudah masuk dan kita harapkan bawang putih pada minggu-minggu ke depan atau syukur minggu ini sudah kembali ke normal harga di Rp20 ribu-30 ribu/kg," ungkap Jokowi.

Jokowi juga ingin memastikan semuanya distribusi logistik lancar dan tersedia di pasar-pasar.

"Saya harapkan menteri dalam negeri juga memberi teguran bagi daerah yang memblokir jalan-jalannya agar urusan distribusi logistik ini tidak terganggu, karena saya kemarin mendapat laporan dari dua daerah urusan beras ini agak terganggu, karena jalan-jalan yang ditutup tolong kepala daerah diberitahu mengenai ini," tegasnya.

Artikel menarik lainnya

 

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X