Pemerintah Hentikan Sementara Kunjungan dan Transit WNA ke Indonesia
Area i kedatangan internasional Terminal 2 Bandara Internasional Juanda Sidoarjo, Jawa Timur (ANTARA FOTO/Umarul Faruq)
News

Pemerintah Hentikan Sementara Kunjungan dan Transit WNA ke Indonesia

Selasa, 31 Maret 2020 13:49 WIB 31 Maret 2020, 13:49 WIB

INDOZONE.ID - Menyikapi semakin besarnya tantangan penyebaran COVID-19 di hampir seluruh negara di dunia, pemerintah RI memutuskan untuk menghentikan sementara kunjungan dan transit warga negara asing (WNA) ke Indonesia.

Kebijakan ini diumumkan oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi usai mengikuti rapat terbatas melalui konferensi video yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo dan diikuti oleh sejumlah menteri kabinet, Selasa (31/3/2020).

“Telah diputuskan bahwa semua kunjungan dan transit warga negara asing ke wilayah Indonesia untuk sementara akan dihentikan,” kata Retno.

Namun, larangan masuk itu tidak termasuk bagi WNA pemegang Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS), Kartu Izin Tinggal Tetap (KITAP), izin tinggal diplomatik, serta izin tinggal dinas.

Meskipun ada pengecualian, Menlu Retno menegaskan bahwa secara umum kunjungan dan transit WNA ke wilayah Indonesia akan dihentikan sementara.

“Detail kebijakan ini akan kami sampaikan pada kesempatan terpisah. Kebijakan baru ini akan dituangkan dalam Permenkumham (Peraturan Menteri Hukum dan HAM) yang baru,” tutur Menlu.

Sebelumnya, pemerintah Indonesia telah memberlakukan larangan masuk atau transit bagi pendatang yang dalam 14 hari terakhir mengunjungi negara Iran, Italia, Vatikan, Spanyol, Prancis, Jerman, Swiss, dan Inggris.

Kebijakan khusus yang menyangkut beberapa negara seperti Tiongkok dan Korea Selatan, terutama Kota Daegu dan Provinsi Gyeongsangbuk-do, masih diberlakukan.

Artikel Menarik Lainnya

TAG
Zega
Zega

Zega

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US