Mekanisme Penyampaian Visi Misi Cawagub DKI Jakarta Dilakukan Secara Digital

- Rabu, 1 April 2020 | 20:32 WIB
Dua Cawagub DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria (kiri) dan Nurmansjah Lubis (FOTO: ANTARA/Galih Pradipta)
Dua Cawagub DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria (kiri) dan Nurmansjah Lubis (FOTO: ANTARA/Galih Pradipta)

Pemilihan Calon Wakil Gubernur (Cawagub) DKI Jakarta bakal memasuki tahapan penyampaian visi dan misi dari kedua cawagub pada Jumat (3/4/2020) mendatang.

Agenda ini akan digelar melalui telekonferensi, karena setiap orang harus menerapkan physical distancing atau jaga jarak diri demi memutus penyebaran Virus Corona (Covid-19).

Ketua Panitia Pemilihan (Panlih) Cawagub DKI Jakarta, Farazandi Fidinansyah, menjelaskan mekanisme penyampaian visi misi dan tanya jawab Wagub akan dilakukan secara digital.

Kedua Cawagub yaitu Ahmad Riza Patria dan Nurmansjah Lubis nantinya akan diundang ke dalam suatu ruangan di DPRD DKI untuk menyampaikan visi dan misi mereka.

Di dalamnya ada sembilan anggota dewan yang merupakan perwakilan dari masing-masing fraksi dan seluruh anggota Panlih.

"Nanti juga ada satu moderator untuk bantu mengatur jalannya tanya jawab," kata Farazandi di Jakarta, Rabu (1/4/2020).

-
Monumen Nasional (INDOZONE/Arya Manggala))

Farazandi menerangkan, bahwa pihaknya akan bekerja sama dengan Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik DKI Jakarta agar bisa menyiarkan kegiatan itu secara daring.

Langkah atau cara ini diambil Panlih sebagai bagian untuk mencegah penularan Covid-19, apalagi saat ini Jakarta telah menjadi epicentral atau tingkat dengan penularan Covid-19 tertinggi di Indonesia.

"Anggota dewan lain bisa nonton dari channel yang udh disediakan. Nanti juga kita usahakan untuk umum juga. Jadi masyarakat bisa, media bisa nonton langsung dari situ," tuturnya.

Dia menambahkan, pihaknya menargetkan kegiatan itu bisa berlangsung secepat mungkin dengan estimasi waktu maksimal tiga jam. Namun demikian akan disesuaikan dengan situasi dan kondisinya nanti di hari H pelaksanaan.

"Ini sih kita alokasi sekitar mungkin maksimal tiga jam," tandasnya.

Sebelumnya diberitakan, Badan Musyawarah (Bamus) DPRD DKI Jakarta telah memutuskan untuk menunda pemilihan Cawagub DKI Jakarta yang baru yang sedianya digelar, Jumat (26/3/2020). Pemilihan ini sudah berulangkali jadwalnya maju mundur, terlebih karena adanya wabah Covid-19.

"Rapat hari ini, Bamus menetapkan untuk rapat paripurna pemilihan Wagubagub dilaksanakan pada tanggal 6  April, setelah habis masa edaran," kata Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, Mohammad Taufik, usai rapat Bamus di Gedung DPRD DKI Jakarta, Kamis (26/3/2020).

Taufik mengatakan, pemilihan yang seharusnya dilaksanakan pada Jumat (29/3/2020) terpaksa ditunda karena sejumlah pertimbangan yang ada. Apalagi, sudah ada surat edaran Gubernur DKI Jakarta tentang pelaksanaan work from home (WFH) dan belajar mengajar di rumah di tengah wabah Covid-19 di ibu kota.

Halaman:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X