Kasus 6 Anjing Disiram Air Panas Hingga Melepuh Dipolisikan
Instagram/@nathasatwanusantara
News

Kasus 6 Anjing Disiram Air Panas Hingga Melepuh Dipolisikan

Rizka
Rabu, 06 November 2019 12:12 WIB 06 November 2019, 12:12 WIB

INDOZONE.ID - Yayasan pemerhati hewan Natha Satwa Nusantara melaporkan kejadian penyiraman air panas terhadap lima anak anjing dan satu induk anjing ke Polres Metro Jakarta Pusat, pada Senin (4/11). Laporan dugaan penganiayaan enam ekor anjing itu teregistrasi dengan nomor 2034/K/XI/2019/RESTRO JAKPUS.

"Iya kami sudah terima laporannya, sedang kami selidiki," ujar Kepala Unit Kriminal Umum Polres Jakarta Pusat AKP Suminto, Selasa (5/11).

Sebelumnya, pada Minggu (3/11) yayasan itu mendapatkan laporan mengenai lima ekor anak anjing yang tersiram air panas dan pemiliknya meminta pertolongan biaya untuk dibawa ke klinik hewan. Hal itu kemudian diunggah oleh akun yayasan Natha Satwa Nusantara di Instagram.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Natha Satwa Nusantara (@nathasatwanusantara) on

Saat relawan Natha Satwa Nusantara mengecek langsung ke lokasi kejadian, kondisi kelima anak anjing tersebut dalam keadaan lemas akibat aksi penyiraman itu.

Diduga bukan hanya air panas yang disiramkan oleh pelaku terhadap keenam anjing itu. Namun, berupa cairan kimia karena anjing yang bertahan mengalami muntah-muntah yang menandakan pendarahan dalam sistem pencernaan hewan itu.

Berdasarkan laporan yang diajukan Natha Satwa Indonesia, pemilik anjing bernama Jelli mengaku hewan-hewan peliharaannya disiram anggota keluarga yang berstatus kakak ipar dan tinggal dalam satu atap yang sama.

Menurut Jelli, kejadian bermula pada Minggu (3/11) pagi sekitar pukul 10.00 WIB. Ketika dirinya baru bangun tidur, tiba-tiba ia mendengar suara tangisan dari kelima anak anjing yang dipeliharanya.

penyiraman air panas ke anjing
Jelli, pemilik anjing. ANTARA/Livia Kristianti

Ia berlari dan mengecek kondisi anjingnya yang terlihat menangis kesakitan dengan kondisi kulit mulai melepuh. Setelah dilihat lebih teliti, Jelli melihat keenam anjingnya sudah basah dan kondisi kandang penuh dengan air di bagian bawahnya.

"Saya lihat jelas, waktu itu kulitnya mulai terkelupas perlahan-lahan," kata Jelli.

Jelli lalu bertanya kepada kakak iparnya yang saat itu sedang mencuci tangan di dekat kandang anjing, tentang apa yang terjadi pada keenam anjingnya. Namun pelaku hanya terkekeh dan mengatakan menyiram anjing-anjing itu dengan air.

"Dia malah cekikikan, dia bilang saya cuma siram air," kata Jelli sambil menahan air mata mengingat kejadian pilu itu.

Pelaku Penyiraman Diduga Alami Gangguan Jiwa

penyiraman air panas ke anjing
Instagram/@nathasatwanusantara

Dari pengakuan Jelly, pelaku penyiraman yang merupakan kakak iparnya itu memiliki indikasi gangguan kejiwaan.

"Dia suka terlihat agak berbeda dari orang normal, kadang suka bicara sendiri sambil jalan. Suka bolak-balik ke dapur untuk main air kalau di rumah," kata Jelli.

Setelah kejadian itu menimpa hewan kesayangannya, Jelli mengaku trauma dan sempat menghentikan seluruh aktivitasnya. Jelli mengaku dirinya sering tiba-tiba menangis mengingat penyiraman yang dilakukan kakak iparnya terhadap anjing-anjingnya. 

"Jujur saya trauma, saya ini kerja sebagai pembuat kue basah. Gak pernah saya tolak kerjaan tapi karena kejadian ini saya berhenti dua hari," kata dia.

penyiraman air panas ke anjing
Instagram/@nathasatwanusantara

Ia merasa terpukul mengingat kondisi kulit anjing-anjing berukuran mungil itu terkelupas perlahan dan induknya mengeluarkan busa dari mulut.

"Waktu saya perhatikan lebih dekat, Messi (induk anjing) sudah berbusa mulutnya mungkin karena menjilati tubuh anak- anaknya. Saya tidak mengira kejadian ini, pilu tiap ingat itu," ungkapnya.

Atas kejadian ini, Jelli mengatakan siap menjadi saksi jika polisi memanggil dirinya.

"Saya kalau diminta jadi saksi saya siap 1.000 persen. Orang-orang di internet saja komen seakan mereka yang punya anjing-anjing itu, masa' saya tidak berbuat apa-apa," ujar dia.

penyiraman air panas ke anjing
Kondisi satu ekor anak anjing yang masih bertahan. Instagram/@nathasatwanusantara

Mengetahui bahwa Natha Satwa Nusantara melaporkan kakak iparnya akibat penyiraman terhadap keenam anjingnya, Jelli mendukung langkah tersebut. Jelli mengaku tidak peduli dengan status hubungan keluarga yang dimiliki antara pelaku dan dirinya. Menurut dia, perbuatan pelaku sudah tidak masuk akal.

"Saya pokoknya akan bersaksi, 1.000 persen saya siap. Apa yang dilakukan pelaku harus diurus hukum karena sudah keterlaluan," ujar wanita yang sehari-hari merupakan ibu rumah tangga itu.

Meski begitu, suami Jelli berinisial A mengatakan dirinya berharap agar kasus ini diselesaikan secara kekeluargaan.

"Ya kalau bisa diselesaikan dengan cara kekeluargaan aja kan masih ada hubungan keluarga," katanya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Rizka
Rizka

Rizka

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU