Ingin Berenang di Tengah Masa Pandemi Corona? Waspadai Hal Ini!

- Rabu, 8 April 2020 | 11:29 WIB
Ilustrasi berenang (Unsplash)
Ilustrasi berenang (Unsplash)

Gara-gara pandemi virus corona, aktivitas kita dalam berolahraga ikut terhambat. Beberapa tempat gym sudah menutup usahanya sementara untuk mengantisipasi penyebaran virus corona.

Namun, hanya berolahraga di rumah saja juga pastilah membuat bosan. Nah, kira-kira di tengah pandemi virus corona ini kita masih bisa berolahraga di kolam renang nggak ya?

Roberta Lavin yang merupakan profesor kedokteran di College of Nursing, University of Tennessee, mengatakan bahwa hingga saat ini ahli masih terus menyelidiki bagaimana sebenarnya virus corona menular.

-
Ilustrasi berenang (Unpslash_

Virus ini dipastikan bisa menular lewat droplet saat pasien batuk atau bersin, namun belum ada bukti bahwa virus ini mampu bertahan hidup di air.

Lavin berpendapat bahwa klorin di air kolam renang seharusnya ampuh membunuh virus. Senada dengan Lavin, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), juga mengatakan belum ada bukti virus Covid-19 bisa menular lewat air kolam.

"Pengoperasian, perawatan dan disinfeksi kolam renang yang sesuai akan mematikan virus yang menyebabkan Covid-19," sebut CDC.

Potensi Tertular Bukan dari Air Kolam, tapi Area Fasilitas Umum

-
Ilustrasi kolam renang umum (Unsplash)

Meski begitu, bukan berarti kamu aman dari paparan virus corona di kolam renang umum. Di kolam akan sangat sulit menghindari tempat yang pernah disentuh oleh orang lain.

Mulai dari gagang pintu, kursi, keran kamar mandi, pegangan tangga, ban, dll. Jika ada orang yang terinfeksi virus corona, dia bisa menularkannya lewat sentuhan di beberapa tempat tertentu.

Penelitian di Jurnal Nature mengungkap fakta bahwa virus corona bisa hidup di permukaan seperti plastik dan besi hingga tiga hari.

Penelitian lainnya yang dilakukan oleh Hong Kong University mengatakan bahwa virus corona bisa bertahan hidup di benda plastik atau stainless steel hingga tujuh hari. Syaratnya, area tersebut berada pada suhu ruang.

Saran Jika Ingin Berenang Saat Pandemi Corona

-
Ilustrasi berenang (Unsplash)

Karena itu, pada akhirnya Lavin menyarankan untuk tidak pergi ke kolam renang umum dulu selama masa pandemi virus corona ini. Jika emang udah kebelet pengen berenang, carilah kolam renang yang tidak ramai.

Kamu juga harus menerapkan anjuran jarak fisik, tidak berbagi handuk, dan sering mencuci tangan. Sebisa mungkin hindari area fasilitas umum seperti loker dan kamar mandi.

Setelah berenang, kamu bisa langsung pulang ke rumah saja dan membersihkan diri di sana.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X