Jokowi: Banyak Sekali Peraturan Justru Bikin Pusing

- Selasa, 28 Januari 2020 | 12:23 WIB
Presiden Joko Widodo (kiri) meninggalkan ruang sidang seusai mengikuti sidang pleno penyampaian laporan tahun 2019 di Gedung MK, Jakarta, Selasa (28/1/2020). (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)
Presiden Joko Widodo (kiri) meninggalkan ruang sidang seusai mengikuti sidang pleno penyampaian laporan tahun 2019 di Gedung MK, Jakarta, Selasa (28/1/2020). (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) di periode kedua pemerintahannya ini dibuat pusing dengan banyaknya peraturan di Indonesia. Jokowi sempat mengatakan, Indonesia terlalu banyak aturan.

Bahkan, peraturan tersebut dinilai tumpang tindih. Akibatnya, ada 3.153 peraturan daerah (perda) yang dihapus pada 2019.

Tahun ini, Jokowi kembali mengingatkan pembuat peraturan dan regulasi agar lebih efisien dan efektif. Di Sidang Pleno Penyampaian Laporan Tahunan 2019 MK di Gedung MK, Jakarta, Selasa (28/1/2020) Jokowi menyebutkan, aturan perlu disederhanakan dan dipangkas.

-
Presiden Joko Widodo (kiri) disaksikan majelis hakim Mahkamah Konstitusi (MK) menyampaikan sambutan saat sidang pleno penyampaian laporan tahun 2019 di Gedung MK, Jakarta, Selasa (28/1/2020). (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Semua itu dilakukan agar tidak menghambat strategi pembangunan dan kesejahteraan.

"Kita tengah hyper regulasi, banyak sekali peraturan yang ada. Obesitas regulasi, akhirnya justru membuat kita terjebak dalam aturan yang kita buat. Banyak sekali jenisnya, mulai dari pp, perpres, permen, perdirjen, sampai perda," kata Jokowi.

"Aturan yang banyak dan rumit itu harus disederhankan sehingga kita memiliki kecepatan dalam memutuskan dan bertindak. Juga bisa merespons perubahan-perubahan dunia yang sangat cepat," tambahnya.

Jokowi juga menyebutkan setidaknya terdapat 8.451 peraturan di tingkat pusat dan 15.985 di tingkat daerah (perda). Alih-alih memudahkan, banyaknya peraturan itu justru membuat birokrasi jadi rumit dan lambat.


Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X