Keris Pusaka Peninggalan Pangeran Diponegoro Akhirnya Ditemukan

- Sabtu, 7 Maret 2020 | 13:38 WIB
Penyerahan keris pusaka milik Pangeran Diponegoro (Istimewa)
Penyerahan keris pusaka milik Pangeran Diponegoro (Istimewa)

Keris milik Pangeran Diponegoro akhirnya kembali ke Indonesia. Keris kuno itu ditemukan di koleksi nasional Museum Volkenkunde, Leiden, Belanda.

Keris itu sendiri diketahui sempat hilang selama ratusan tahun. Benda bersejarah tersebut sudah diberikan oleh pemerintah Belanda kepada  Duta Besar Indonesia I Gusti Agung Wesaka Puja. I Gusti mengatakan bahwa keris tersebut sangat penting bagi Indonesia.

"Keris itu sangat penting bagi Indonesia. Diponegoro adalah pahlawan nasional kami. Atribut pangeran ini menyatakan statusnya," demikian pernyataan dari Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Den Haag Fery Iswandy.

Keris tersebut pernah dipakai Pangeran Diponegoro sebagai senjata perang saat masa penjajahan Belanda.

Selain keris, pemerintah Belanda juga menyerahkan sejumlah benda pusaka lainnya milik Pangeran Diponegoro, seperti tombak dan pelana kuda. Benda-benda tersebut, rencananya akan disimpan di Monumen Nasional (Monas) Jakarta.

-
Lukisan Pangeran Diponegoro (Direktorat Jenderal Kebudayaan)

Para peneliti Belanda sebelumnya telah melakukan identifikasi pada koleksi-koleksinya. Setelah berhasil diidentifikasi, pihak Museum Etnologi Nasional Belanda pun akhirnya mengembalikan keris tersebut.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Rekomendasi

Terkini

X