Raja Belanda Minta Maaf atas Penjajahan Belanda ke Indonesia

- Selasa, 10 Maret 2020 | 14:09 WIB
Ratu Belanda (kiri), Raja Belanda (tengah), dan Presiden RI Joko Widodo (kanan) (Instagram/@sekretariat.kabinet)
Ratu Belanda (kiri), Raja Belanda (tengah), dan Presiden RI Joko Widodo (kanan) (Instagram/@sekretariat.kabinet)

Raja Belanda Willem Alexander menyinggung hubungan antara Indonesia dengan Belanda di masa lalu. Dia meminta maaf atas kekerasan yang telah dilakukan oleh Belanda kala menjajah Indonesia dulu.

"Sesuai dengan pernyataan pemerintahan saya, saya ingin menyampaikan penyesalan dan permintaan maaf saya atas kekerasan berlebihan dari pihak Belanda pada tahun-tahun itu," kata Raja Willem, Selasa (10/3/2020).

Raja Willem mengakui bahwa apa yang terjadi di masa lalu tak bisa dihapus dan akan tercatat dalam sejarah. Tak hanya itu, Willem juga meminta maaf atas agresi militer yang dilakukan oleh Belanda setelah Indonesia memproklamirkan kemerdekaan.

-
Raja Belanda dan Presiden RI Joko Widodo (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

"Pada tahun-tahun segera setelah proklamasi, pemisahan yang menyakitkan terjadi yang menelan banyak korban jiwa," tuturnya.

Raja Belanda lalu mengucapkan selamat atas kemerdekaan yang telah diraih Indonesia selama 75 tahun di tahun 2020 ini.

-
Raja Belanda Willem-Alexander dan Ratu Maxima Zorreguieta Cerruti menaruh karangan bunga di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata, Jakarta ( ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

"Pada 17 Agustus, ini akan menjadi tahun ke-75 sejak Indonesia menyatakan proklamasi, mengklaim menjadi bagian dari negara yang merdeka dan bebas," kata Raja Willem.

Oleh karena itu, kini pemerintahan Belanda berkomitmen memperkuat hubungannya dengan Indonesia. Dia menegaskan bahwa tiap generasi di Belanda atau Indonesia harus mengetahui sejarah di masa lalu agar bisa mengambil pelajaran.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Sekretariat Kabinet (@sekretariat.kabinet) on

Pada kunjungan ke Indonesia, Raja dan Ratu Belanda juga akan mengunjungi Kalimantan Tengah. Namun, belum diketahui agenda apa yang akan mereka lakukan di Kalimantan Tengah.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X