Beri Bantuan, Leonardo DiCaprio Malah Dituding Bayar Pembakaran Amazon
REUTERS/Adriano Machado/Mario Anzuoni
News

Beri Bantuan, Leonardo DiCaprio Malah Dituding Bayar Pembakaran Amazon

Sabtu, 30 November 2019 14:34 WIB 30 November 2019, 14:34 WIB

INDOZONE.ID - Beberapa waktu yang lalu, dunia sempat dihebohkan dengan insiden kebakaran hutan Amazon. Peristiwa ini menjadi perbincangan hangat banyak kalangan karena dampaknya yang cukup parah.

Banyak orang baik itu lembaga, yayasan atau publik figur yang tergerak hatinya untuk memberi bantuan, salah satunya ialah Leonardo DiCaprio.

boslonarpo
REUTERS/Ueslei Marcelino

Namun, baru-baru ini kabar mengejutkan datang dari Presiden Brazil, Jair Bolsonaro. Ia mengatakan bahwa Leonardo sengaja memberi sejumlah uang untuk meluaskan insiden kebakaran hutan Amazon, tanpa menyertakan bukti apa pun.

Bolsonaro menilai bahwa organisasi lingkungan yang disediakan oleh  Dana Margasatwa Dunia (World Wildlife Fund/WWF), membayar gambar yang diambil oleh relawan petugas damkar yang kemudian digunakan untuk meminta sumbangan, termasuk sumbangan 500.000 dolar dari DiCaprio.

amazon
REUTERS/Ricardo Moraes

WWF pun membantah telah menerima sumbangan dari Leonardo atau mendapatkan foto dari petugas damkar.

"Leonardo DiCaprio ini adalah pria yang keren, bukan? Memberikan uang untuk membakar Amazon," kata Bolsonaro dalam sambutan singkatnya di depan kediaman presiden.

leo
instagram/@leonardodicaprio

Leonardo DiCaprio menjadi salah satu publik figur yang menentang aksi pembakaran hutan di Amazon. Aktor Hollywood ini sering menuliskan cuitan di akun Twitternya tentang kebakaran hutan Amazon. Leonardo DiCaprio juga memiliki sebuah yayasan bernama Earth Alliance, yang berfokus untuk melindungi satwa liar yang terancam punah.

Bolsonaro tampaknya memang terus berkilah terkait kebakaran Amazon. Buktinya, empat anggota organisasi nonpemerintah Alter do dan petugas pemadam kebakaran ditangkap oleh polisi, dengan tuduhan sengaja membakar hutan Amazon untuk dokumentasi dan mengumpulkan lebih banyak sumbangan. Namun, mereka dibebaskan atas perintah hakim.

Penangkapan itu mendapatkan kritikan pedas dari para politisi dan LSM lain. Mereka menilai bahwa penangkapan itu hanya bagian dari upaya pemerintah Bolsonaro untuk melecehkan kelompok-kelompok lingkungan. Presiden Brazil itu telah berulang kali membuat pernyataan tentang kebakaran hutan yang terjadi di Amazon.

"Semuanya menunjukkan bahwa LSM akan pergi ke Amazon untuk membakar hutan," tulis Bolsonaro dalam akun Facebooknya pada tanggal 21 Agustus 2019.

Suatu hari Bolsonaro mengaku bahwa para petani secara ilegal membakar hutan hujan. Namun, sebulan kemudian ia mengatakan bahwa "media pembohong" karena mengatakan bahwa hutan hujan sedang dihancurkan oleh kebakaran.

Dalam sebuah siaran web, Bolsonaro mengatakan WWF membayar LSM pemadam kebakaran untuk mengambil gambar kebakaran hutan di Amazon.

bolsonaro
Pavel Golovkin/Pool via REUTERS

"Jadi, apa yang dilakukan LSM? Apa hal yang paling mudah? Membakar hutan. Ambil gambar, buat video," kata presiden. "(WWF) melakukan kampanye melawan Brasil, itu menghubungi Leonardo DiCaprio, dia menyumbangkan 500.000 dolar." ujar Bolsonaro.

"Sebagian dari itu ditujukan kepada orang-orang yang membakar. Leonardo DiCaprio, Anda berkontribusi terhadap kebakaran di Amazon, itu tidak akan berhasil," katanya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Putri
Putri

Putri

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU