Tahun 2020, Siswa SMA di Jabar Bebas SPP

- Kamis, 28 November 2019 | 17:20 WIB
Instagram/@ridwankamil
Instagram/@ridwankamil

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memastikan biaya sumbangan pembinaan pendidikan (SPP) gratis untuk siswa/i SMA dan sederajat di provinsi itu akan direalisasikan tahun ajaran baru Juli 2020.

"Kabar baiknya, alhamdulillah RAPBD Tahun Anggaran 2020 sudah diketok palu tinggal dievaluasi Kemendagri. Berita besarnya ialah alhamdulillah bisa dimulai SPP gratis untuk SMA sederajat," ujar Ridwan Kamil.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Ridwan Kamil (@ridwankamil) on

Anggaran yang dialokasikan untuk SPP disebut mencapai Rp1,4 triliun. Kebijakan ini tidak hanya berlaku untuk SMA sederajat negeri saja namun juga untuk siswa yang tak lolos PPDB.

Bagi siswa yang tidak lolos PPDB yang kurang mampu akan difasilitasi menuntut ilmu di sekolah swasta.

Ridwan Kamil menjelaskan anggaran tersebut berasal dari penghematan sejumlah pos anggaran seperti bansos atau hibah hingga perjalanan dinas.

"Jadi ini kan hasil menghemat hibah Bansos. Dulu hibah bansos banyak sekali, sekarang kita cukupkan, efisienkan, sehingga bisa menemukan ruang Rp1,4 triliun per tahun untuk menggratiskan SPP," ujar Ridwan Kamil.

"Seluruh pos diefisiensikan, yang paling besar mengencangkan ikat pinggang dihibah bansos. SPJ perjalanan dinas sampai Rp150 miliar kita kurangi untuk PNS supaya keberpihakan layanan dasar di Jabar bisa hadir," lanjutnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X