Aksi Heroik Dokter Sedot Urine dari Kandung Kemih Lansia

- Selasa, 26 November 2019 | 16:16 WIB
AsiaWire
AsiaWire

Aksi heroik seorang dokter bernama Zhang Hong menuai pujian dari publik. Zhang menyedot keluar urine seorang kakek yang hampir pecah. Lansia tersebut diketahui memang mengalami gangguan buang air kecil karena faktor usia.

Peristiwa tersebut terjadi pada 19 November 2019, saat ia tengah dalam penerbangan China Southern Airlines CZ 399 Guangzhou dengan tujuan New York.

Sebelumnya, Zhang mendapati lansia tersebut menunjukkan tanda-tanda shock akibat urine-nya yang nggak bisa keluar. Saat itu, di dalam pesawat juga ada ahli bedah bernama Xiao.

Keduanya kemudian mencoba menyelamatkan lansia tersebut. Mereka menusuk kandung kemih lansia tersebut dengan jarum dan kemudian menyulap alat darurat dari masker oksigen, jarum suntik hingga sedotan kemasan menjadi alat kateter rakitan darurat.

Namun, jarum kecil yang ditusukkan ke lansia itu ternyata tidak cukup meringankan tekanan pada bagian organ yang bengkak. Hingga akhirnya, karena tak punya pilihan lain, Zhang pun berinisiatif mengeluarkan urine dengan cara menyedotnya menggunakan mulut.

Ia berhasil menyedot urine tersebut dalam jumlah banyak selama 37 menit. Ia berhasil mengalirkan 800 ml urine.

Setelah kondisi kakek tersebut sudah pulih, ia pun mengingatkan agar kakek itu pergi ke rumah sakit untuk melakukan pemeriksaan. Zhang merasa apa yang dilakukannya merupakan tugas seorang dokter.

"Ketika saya melihat pria tua itu dalam kesusahan, saya berpikir bagaimana saya bisa membantu meringankan ketidaknyamanannya. Pada akhirnya, aku hanya melakukan tugasku sebagai dokter," kata Zhang.

Karena aksi heroiknya tersebut, Dr Zhang dan Xiao mendapatkan penghargaan dari rumah sakit tempat mereka bekerja.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X