Ramai Dukungan Jokowi 3 Periode, Mendagri Sebut Amandemen UUD 1945 Bukan Hal yang Tabu

- Selasa, 5 April 2022 | 22:01 WIB
Presiden Joko Widodo. (ANTARA FOTO/Setpres)
Presiden Joko Widodo. (ANTARA FOTO/Setpres)

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, menyatakan jika amandemen Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 bukanlah hal yang tabu. Ia mengingatkan bahwa Indonesia sebelumnya sudah pernah melakukan amandemen UUD 1945. 

Hal ini dikatakan Tito menanggapi desakan Asosiasi Pemerintah Desa Indonesia (Apdesi) yang menyerukan agar Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjabat tiga periode.

"Saya mau tanya, UUD kita pernah di-amandemen enggak? Bukan yang tabu kan? yang tabu pembukaannya, itu tabu. Kitab suci tabu," kata Tito di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (5/4/2022).

Baca juga: Viral Lelaki Berjilbab Jemput Cewek Tengah Malam, Aksinya Terekam CCTV Pukul 00.34

Oleh karena itu, menurut Tito, deklarasi yang digalakan oleh Apdesi bukan sesuatu yang harus dilarang. Karena dia tidak bisa melarang, kemudian undang-undang mengatur bahwa setiap orang bebas untuk menyampaikan pendapat.

"Ada jaminan kepercayaan menyampaikan pendapat di muka umum. Itu diatur dalam UU 9 Tahun 1998. Ada pembatasannya, ada, tidak absolute, tidak boleh menganggu ketertiban umum, publik," jelasnya. 

Pastikan Pemilu

Meski demikian, Mantan Kapolri ini berkata berdasarkan jadwal yang sudah disusun antara pemerintah, DPR dan penyelenggara Pemilu, perhelatan pesta demokrasi tetap digelar pada tanggal 14 Februari 2024 dan Pilkada serentak di 27 November 2024.

“Terkahir kita menentukan pemilu 14 Februari 2024 dan Pilkada di 27 November 2024. Sampai hari ini belum ada pembahasan lagi di sini, di pemerintahan juga belum ada bahasan, karena belum ada pembahasan yang kita pegang itu," tukasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X