'Sihir' Indonesia di World Expo 2020 Dubai, Hasil Tangan Dingin Wishnutama

- Jumat, 5 November 2021 | 16:06 WIB
Kiri: Wishnutama (Instagram/wishnutama) / Kanan: Penari Indonesia menampilkan tarian pada National Day Indonesia di Expo 2020 Dubai (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)
Kiri: Wishnutama (Instagram/wishnutama) / Kanan: Penari Indonesia menampilkan tarian pada National Day Indonesia di Expo 2020 Dubai (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Indonesia turut ambil bagian dalam World Expo 2020 Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), lewat Indonesia National Day. Wishnutama Kusubandio dipercaya oleh Mendag Lutfi untuk menjadi  creative director, untuk memperkenalkan Indonesia sebagai Land of Diversity.

Hasilnya menakjubkan! Event yang dihadiri langsung oleh Presiden Jokowi dan didampingi Putra Mahkota Abu Dhabi, Sheikh Mohammed Bin Zayed Al Nahyan (MBZ), itu sukses memukau mata pengunjung dan membuat merinding. Aksi para penari dipadukan dengan teknologi begitu menyita perhatian.

"Indonesia the Land of Majesty, tanah yang kaya akan alam dan budaya. Indonesia the Land of Opportunity yang akan terus membuka peluang dan kesempatan baru. Indonesia the Land of Innovation yang akan terus berinovasi untuk generasi yang akan datang. Inilah kami, 'Indonesia, the Land of Diversity," ucap Presiden Jokowi dalam sambutannya.

Lokasi event World Expo 2020 Dubai yang digelar di Al Wasl Plaza memang mendukung berbagai pameran budaya yang dikemas di panggung.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Muhammad Lutfi (@mendaglutfi)

"Itu konsepnya budaya Indonesia tapi tentunya kali ini kita kemas dengan banyak perpaduan teknologi, teknologi mapping, projection, dan lain sebagainya karena kita tahu kita enggak bisa ngirim orang terlalu banyak di sini jadi total penari kita bawa ke sini 60 orang tapi dengan dibantu dengan teknologi dan sound mungkin bisa lebih meriah lah," kata Wishnutama, Selasa (2/11/2021).

"Tentu ini dari berbagai macam tarian daerah kita coba kemas ada Bali, Papua dan lain sebagainya, tapi dengan kemasan agak berbeda. mengkombinasikan dengan teknologi," ujarnya.

Tak ketinggalan, suara Lyodra Ginting membuat para penonton semakin terkesima. Lagu "Indonesia Pusaka" yang dibawakannya sanggup menyihir semua yang hadir.

Wishnutama mengakui bahwa tugas kali ini sangat berat karena waktu yang diberikan juga mepet. Untunglah, pada akhirnya kerja keras tim terbayarkan.

"Negara-negara lain teman-teman lihat sendiri lah gimana mereka showing off banget bahwa negara 'gua sekeren ini'," katanya.

"Kebetulan saya mendapat tugas dari beliau untuk pamerin Indonesia sedikit. Pak Menteri juga selalu supervisi berbagai macam isu-isu kreatif yang kami sampaikan dari A to Z beliau sangat detail dan diharapkan supaya penampilan kita nanti bagus," imbuhnya.

Lewat kombinasi teknologi cahaya dan atraksi kebudayaan ini, Wishnutama memberi pesan jelas bahwa Indonesia memiliki begitu banyak kekayaan budaya dan mengajak semua penonton untuk datang dan lebih mengenal Indonesia sebagai surga pariwisata.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

X