9 Jet China Masuki Zona Pertahanan Taiwan saat Rusia Invasi Ukraina

- Jumat, 25 Februari 2022 | 15:46 WIB
Jet J-20 milik China. (Dok. China Military)
Jet J-20 milik China. (Dok. China Military)

Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan sembilan jet China memasuki zona pertahanan udaranya pada hari yang sama ketika Rusia menginvasi Ukraina.

Melansir laporan Reuters, Jumat (25/2/2022) Kemhan Taiwan mengatakan pesawat jet yang melintasi wilayah mereka terdiri dari delapan pesawat tempur J-16 dan satu pesawat pengintai Y-8.

Sembilan pesawat itu terbang di atas area di timur laut Kepulauan Pratas yang dikuasai Taiwan di ujung atas Laut China Selatan.

Tentara Taiwan dikirim untuk memperingatkan pesawat China dan rudal pertahanan udara dikerahkan untuk "memantau kegiatan," tersebut.

Baca juga: Momen Conor McGregor Sok Asik Rangkul Vladimir Putin, Langsung Ciut Ditatap Paspampres

Taiwan sangat berhati-hati mengamati krisis Ukraina, khawatir bahwa China akan mencoba mengambil keuntungan untuk masuk ke pulau tersebut.

Sementara Taipei belum melaporkan adanya gerakan yang tidak biasa oleh pasukan China. Meski begitu pemerintah Taiwan telah meningkatkan meningkatkan kewaspadaannya.

China dalam beberapa kesempatan selalu mengklaim Taiwan adalah wilayahnya. Klaim itu selalu dibantah oleh Taiwan.

Sementara itu, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China, Hua Chunying, menegaskan tak ada hubungan antara masalah Ukraina dengan Taiwan.

"Taiwan bukan Ukraina," ujarnya. 

"Taiwan selalu menjadi bagian tak terpisahkan dari China. Ini adalah fakta hukum dan sejarah yang tak terbantahkan," tegasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Halaman:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X