The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Empat Orang Tertimbun Usai Gempa Magnitudo 4.8 Guncang Bali
Rumah warga runtuh setelah gempa bermagnitudo (M) 4.8 guncang Kabupaten Karangasem, Bali, pada Sabtu (16/10/2021). (ANTARA/HO-BPBD Bangli/Karangasem/pri.)
News

Empat Orang Tertimbun Usai Gempa Magnitudo 4.8 Guncang Bali

Sabtu, 16 Oktober 2021 09:46 WIB 16 Oktober 2021, 09:46 WIB

INDOZONE.ID - Gempa bermagnitudo (M) 4.8 menghantam Kabupaten Karangasem, Bali, pada Sabtu (16/10/2021) pukul 03.18 WIB, insiden ini sebabkan empat orang tertimbun material di daerah Trunyan, Kabupaten Bangli, menurut Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Bali I Made Rentin.

"Selain itu, kami juga menerima info awal ada satu warga di Kabupaten Karangasem yang mengalami patah tulang," kata Rentin, dikutip dari Antara.

Ia juga mengatakan bahwa saat ini korban masih dalam pencarian, dari empat orang yang tertimbun, baru satu orang yang berhasil diselamatkan dan dalam kondisi masih sadar.

Baca juga: OTT KPK di Musi Banyuasin Diduga Terkait Proyek Infrastruktur

Sementara itu, berdasarkan keterangan tertulis Kepala Balai Besar BMKG Wilayah III Denpasar Agus Wahyu Raharjo, gempa tektonik bermagnitudo 4,8 tersebut dengan episenter terletak pada koordinat 8,32° LS; 115,45° BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 8 kilometer barat laut Karangasem, Bali, pada kedalaman 10 kilometer.

Sampai pukul 04.42 Wita, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya dua aktivitas gempa bumi susulan (aftershock) dengan magnitudo 3,8 (dirasakan di Karangasem III MMI) dan magnitudo 2,7.

Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi BMKG Daryono dalam unggahan Twitter-nya mengatakan bahwa gempa disebabkan aktivitas sesar atau patahan aktif lokal.

"Memperhatikan mekanisme sumber gempa Bali M4,8 yang merusak pagi ini, tampak bahwa gempa yang terjadi diakibatkan oleh aktivitas sesar atau patahan aktif lokal, bukan akibat sesar naik Flores (Flores Back Aec Thrusting," ujar Daryono sebagaimana dikutip dari akun Twitter resminya @DaryonoBMKG, Sabtu.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahmy Fotaleno
Fitri
Fitri

Fitri

Writer
JOIN US
JOIN US