Sekda DKI Jakarta Bungkam soal Tunjangan Anies, Ketua DPRD: Kita Kayak Anak Kecil

- Kamis, 13 Januari 2022 | 20:40 WIB
Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi. (INDOZONE/Sarah Hutagaol)
Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi. (INDOZONE/Sarah Hutagaol)

Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi, mendesak agar Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Marullah Matali, membeberkan angka tunjangan operasional untuk Gubernur Anies Baswedan dan wakilnya Ahmad Riza Patria. 

Hal tersebut diutarakannya saat memimpin rapat paripurna, yang membahas mengenai hasil evaluasi Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terhadap Raperda APBD DKI 2022, yang sempat diskors lantaran Marullah tak kunjung mengungkapkan data itu. 

"Tolong dijawab teman-teman dewan, apakah sudah ada jawabannya? Kalau belum saya skors lagi. Tunjangan Gubernur dan Wagub," ujar Prasetyo di ruang paripurna gedung DPRD DKI Jakarta, Senin (13/1/2022). 

Menjawab permintaan ketua dewan itu, Marullah menyebut tunjangan operasional Gubernur sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 109 tahun 2000 tentang Kewenangan Pemerintah dan Kewenangan Provinsi. 

Dalam aturan tersebut, tertulis bahwa biaya Penunjang Operasional (BPO) untuk Gubernur dan Wakil Gubernur diambil maksimal 0,15 dari total Pendapatan Asli Daerah (PAD).

-
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

 

Baca juga: Sosok Sultan Ghozali yang Foto Selfie-nya Raup Untung Rp 1,5 M Usai Dijual Lewat NFT

"Besaran maksimalnya adalah 0,15 persen dari PAD. Tapi sampai saat ini Pemprov DKI belum pernah ambil angka maksimal dari jumlah yang tadi saya sebutkan 0,15," jawab Marullah. 

Mendengar jawaban Marullah itu, sejumlah interupsi dari anggota dewan pun terlontar dalam rapat itu. Mereka beranggapan penjelasan dari anak buah Anies itu tak menjawab pertanyaan yang diajukan ketua DPRD DKI. 

"Kayak anak kecil saja anggota dewan. Jawabannya kok kayak ditutupi, kenapa? Ini saatnya transparansi jadi masyarakat bisa melihat dan menilai. Ini uang rakyat semua. Saya digaji dengan uang rakyat, saya tanyakan sebagai wakil rakyat," kata Prasetyo menandaskan. 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Gema Trisna Yudha

Tags

Rekomendasi

Terkini

X