Kata Suroto, Peternak yang Bentangkan Poster: Kalau Gak Ada Saya, Pak Jokowi Gak Akan Tahu

- Rabu, 15 September 2021 | 23:52 WIB
Suroto, peternak ayam yang ditangkap karena bentangkan poster soal harga jagung. (ist)
Suroto, peternak ayam yang ditangkap karena bentangkan poster soal harga jagung. (ist)

Suroto, peternak ayam yang sempat ditangkap oleh polisi saat kunjungan Presiden Jokowi ke Blitar pada 7 September 2021 lalu karena membentangkan poster berisi curhatan tentang harga jagung, diundang ke Istana Negara pada Rabu (15/9/2021).

Usai bertemu Jokowi, Suroto mengaku sudah meminta maaf kepada Jokowi karena telah membuat repot banyak pihak atas aksinya membentangkan poster.

"Saya tadi saya sudah minta maaf kepada Pak Jokowi, apa yang saya lakukan malah bikin repot semuanya. Padahal tujuannya cuma satu, agar ada penurunan harga jagung," katanya.

Menurut Suroto, Jokowi tidak mempersoalkan apa yang dilakukannya.

"Pak Jokowi mengatakan ndak apa-apa. Justru itu bagus, kalau gak ada saya Pak Jokowi gak akan tahu apa yang terjadi di rakyat. Kadang kan laporannya gak nyampe," katanya.

Suroto yakin Jokowi dapat membantu memecahkan masalah yang sudah lama dihadapi para peternak, yaitu harga jagung yang cenderung naik dan harga telur yang sangat rendah.

"Saya percaya satu-satunya orang Indonesia yang pada saat ini yang bisa menolong peternak, ya hanya Pak Jokowi," ujar Suroto.

Suroto mengaku kaget dirinya diundang ke Istana Negara.

"Kemarin pagi, pagi jam 8, jadi mendadak, kita nggak tahu, kaget. Ini pasti bohong, ini pasti bohong. Lha iya (ternyata) betul (diundang)," ucap Suroto.

Jokowi menginstruksikan Menteri Pertanian dan Menteri Perdagangan untuk segera mencari solusi terbaik bagi sektor perunggasan di Tanah Air.

"Saya telah menginstruksikan Menteri Pertanian dan Menteri Perdagangan untuk segera mencari solusi terbaik bagi masalah-masalah yang dihadapi para peternak ayam petelur seperti Pak Suroto dan sektor perunggasan secara umum di Tanah Air," kata Jokowi.

Ditangkap Polisi

Selasa, 7 September 2021, menjadi hari yang menegangkan--jika bukan mengerikan--bagi Suroto, seorang peternak unggas di Blitar.

Siang itu, Presiden RI Joko Widodo baru saja meninjau pelaksanaan vaksinasi dan menyalurkan bantuan kepada para tukang becak di Pusat Informasi Pariwisata dan Perdagangan (PIPP) Kota Blitar.

Dari PIPP, Jokowi kemudian hendak melanjutkan kunjungan ke Makam Bung Karno (MBK).

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X