Pertamina Jamin Erupsi Semeru Tak Ganggu Distribusi BBM dan Elpiji

- Minggu, 5 Desember 2021 | 15:28 WIB
Petugas kepolisian memantau aktivitas di SPBU Kota Sorong, Papua Barat, Senin (8/11/2021).  (ANTARA FOTO/Olha Mulalinda/wsj)
Petugas kepolisian memantau aktivitas di SPBU Kota Sorong, Papua Barat, Senin (8/11/2021). (ANTARA FOTO/Olha Mulalinda/wsj)

PT Pertamina Parta Niaga menjamin stok dan distribusi BBM dan elpiji tetap lancar pasca-erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur. Manajer Komunikasi Pertamina Patra Niaga wilayah Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara, Deden Mochamad Idhani, mengatakan sejumlah stasiun pengisian bahan bakar (SPBU) dan agen elpiji yang berada di wilayah Lumajang tetap beroperasi.

"Terdapat 17 SPBU dan 12 agen LPG subsidi yang saat ini tetap beroperasi di Lumajang," kata Manajer Komunikasi Pertamina Patra Niaga wilayah Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara Deden dalam keterangan tertulis yang dikutip di Jakarta, Minggu (5/12/2021).

Menurutnya, SPBU terdekat yang berada di wilayah terdampak adalah SPBU 54.673.10 di Kecamatan Pronojiwo atau 14 kilometer dari puncak Gunung Semeru.

Dia menjelaskan, Pertamina juga membuat skenario pengalihan pasokan melalui Integrated Terminal Surabaya dari sebelumnya melalui Fuel Terminal Malang. Hal ini lantaran putusnya jembatan Gladak Perak karena terkena material erupsi Gunung Semeru.

Sementara itu, Pertashop terdekat berada di desa Sumberurip, Sumberwuluh, Penanggal, dan Kloposawit, yang juga tetap beroperasi. Pertamina juga menyiapkan skenario pengalihan suplai Fuel Terminal Malang ke Integrated Terminal Surabaya pada sejumlah Pertashop tersebut.

"Untuk penyaluran elpiji di Kecamatan Pronojiwo dan Tempursari saat ini stok terpantau aman, namun juga akan ada pengalihan suplai dari stasiun pengisian dan pengangkutan bulk elpiji (SPPBE) dari sebelumnya di wilayah Lumajang, ke SPPBE di Malang, dengan rata-rata penyaluran 40.000 tabung per bulan," kata Deden.

Pertamina Patra Niaga juga terus berkoordinasi dengan stakeholder terkait, seperti BPBD dan Kepolisian untuk kelancaran operasi di lapangan serta bantuan lainnya.

"Masyarakat tidak perlu panik karena kami berkomitmen untuk mendistribusikan energi hingga ke seluruh wilayah," ucap Deden.

Artikel Menarik Lainnya :

Editor: Gema Trisna Yudha

Tags

Rekomendasi

Terkini

X