Lecehkan Indonesia di Upacara Pembukaan Olimpiade Tokyo, Akun Instagram MBC Diserang

- Rabu, 28 Juli 2021 | 14:21 WIB
MBC yang menggambarkan Indonesia di pembukaan Olimpiade Tokyo 2020 (istimewa).
MBC yang menggambarkan Indonesia di pembukaan Olimpiade Tokyo 2020 (istimewa).

Akun Instagram resmi stasiun televisi Korea Selatan Munhwa Broadcasting Corp (MBC) jadi bulan-bulanan netizen asal Indonesia yang kesal dengan penggambaran stereotip stasiun tv itu saat pembukaan Olimpiade Tokyo 2020 pekan lalu.

Akun Instagram @withmbc nampak menonaktifkan komentar di hampir semua postingan mereka setelah mendapatkan hujatan secara internasional karena penggunaan gambar stereotip untuk menggambarkan beberapa negara peserta Olimpiade Tokyo 2020 termasuk Indonesia.

Baca Juga: Hina Indonesia dan Negara Peserta Olimpiade, Presiden TV Korea MBC Membungkuk Minta Maaf

Saat kontingan Indonesia tampil di layar, menurut KBRI, caption pertama menyebutkan bahwa Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia dengan 18.000 pulau, ibu kota Indonesia adalah Jakarta, luas wilayah Indonesia adalah sembilan kali luas Korea, jumlah penduduk adalah 270.020.000 (terbesar ke-4 di dunia), PDB per orang adalah 3.922 dolar AS, tingkat persentase vaksin COVID-19 adalah 6.0 persen.

Hal tersebut menuai kritikan dari banyak negara meski MBC telah meminta maaf secara resmi, Presiden MBC, Park Sung-je bahkan menggelar konferensi pers dan meminta maaf dengan membungkukan badan secara langsung.

Namun hal tersebut tak meredam rasa emosi banyak pihak, termasuk banyak netizen asal Indonesia yang membanjiri komentar di salah satu postingan akun Instagram @withmbc yang kolom komentarnya masih diaktifkan.

-
Akun Instagram MBC jadi sasaran netizen (screenshot @withmbc).

"#BoikotMBC," tulis netizen 

"Bisa" ilang ini akun, love ????????????????????????????????," tulis netizen lainnya.

Sebelumnya, KBRI Seoul kirimkan surat kepada stasiun televisi Korea Selatan, MBC, karena dinilai telah menyinggung Indonesia pada Pembukaan Olimpiade Tokyo 2020, pekan lalu.

"Surat tersebut telah ditembuskan kepada Korea Communication Commission (KCC) --lembaga pengawasan penyiaran media Korea Selatan-- untuk meminta MBC melakukan langkah-langkah perbaikan," ujar KBRI Seoul dalam keterangan tertulis, Selasa (27/7) dikutip dari ANTARA.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X