Survei PRC: Ahok Masuk Bursa, Sandiaga Uno Paling Diminati Jadi Cawapres

- Senin, 15 November 2021 | 13:53 WIB
Basuki Tjahaja Purnama dan Sandiaga Uno. (Instagram/basukibtp/sandiuno)
Basuki Tjahaja Purnama dan Sandiaga Uno. (Instagram/basukibtp/sandiuno)

Selain memaparkan hasil survei terbaru terkait capres, Politika Research & Consulting (PRC) juga merilis hasil survei terbaru terkait elektabilitas calon wakil presiden.

Hasilnya Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno elektabilitasnya tertinggi dan Komisaris Utama Pertamina Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok masuk dalam bursa cawapres.

Direktur Eksekutif Politika Research & Consulting Rio Prayogo mengatakan, wajar saja jika berdasarkan survei yang dilakukan pihaknya Sandiaga Uno selalu diminati menjadi cawapres.

“Ini bisa dimaklumi karena dia (Sandiaga) beredar dalam proses politik Indonesia selain sebagai wakilnya Anies atau Wagub, kemarin juga mencalonkan diri sebagai cawapres. Jadi memori masyarakat tentang Sandiaga Uno adalah terasosiasikan sosok sebagai wakil,” kata Rio dalam pemaparan hasil survei secara virtual, Senin (15/11/2021).

Adapun berdasarkan survei PRC dengan metode top of mind elektabilitas Sandiaga Uno  sebesar 12,5%, lalu ada Anies Baswedan dengan 6,1%, Ganjar Pranowo 3,9% dan Prabowo Subianto 2,9%.

Lalu ada Ridwan Kamil dengan elektabilitas 2,9%, KH Ma’ruf Amin 2,7%, Tri Rismaharini 2,0%, Agus Harimurti Yudhoyono 2,0%, Gatot Nurmantyo 1,3% dan Basuki Tjahaja Purnama  1,1%.

BACA JUGA: KPK Tanggapi Bupati Banyumas Soal OTT: Tidak Perlu Takut Jika Tidak Melanggar

Adapun survei dilakukan dengan metode multi stage random sampling dengan jumlah respon 1.220 dari 34 provinsi dan 122 kabupaten/kota. Responden adalah penduduk berusia minimal 17 tahun atau sudah menikah.

Survei berlangsung dari tanggal 8 Oktober hingga 4 November 2021. Resonden terpilih diwawancarai lewat tatap muka. Tingkat kepercayaan (significant level) survei ini adalah 95 % dengan margin of error sebesar 2,9%.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X