Pimpinan KPK Datangi Kantor Anies Baswedan, Ada Apa?

- Kamis, 17 Maret 2022 | 13:17 WIB
Wakil Ketua KPK Alexander Marwata dan Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza Patria. (INDOZONE/Sarah Hutagaol)
Wakil Ketua KPK Alexander Marwata dan Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza Patria. (INDOZONE/Sarah Hutagaol)

Sejumlah pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendatangi kantor Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Wakilnya Ahmad Riza Patria di Gedung Balai Kota DKI Jakarta. Ada apa?

Rupanya, KPK hendak menggelar sosialiasi pencegahan perilaku korupsi di lingkungan pejabat dan aparatur negeri sipil (ASN) Pemprov DKI Jakarta. Acara itu pun dihadiri oleh Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata.

Dalam sosialisasi tersebut, Alexander menyebutkan bahwa KPK mengajak pejabat hingga staf Pemprov DKI untuk menanamkan nilai integritas dari lingkup terkecil, yakni dimulai dari lingkungan keluarga.

"Pada kesempatan ini, kami menggandeng Pak Gubernur dan Wakil Gubernur, dan seluruh jajaran Pemprov DKI Jakarta untuk membangun nilai-nilai intregitas berbasis keluarga," ucap  Alexander, Kamis, (17/3/2022).

Baca Juga: Anak Buah Anies Diperiksa Kejati DKI Terkait Dugaan Korupsi Mafia Tanah

Menurut Alexander, keluarga menjadi lingkup kecil yang paling mengetahui sumber uang yang didapat setiap anggotanya. Apalagi, apabila hal tersebut terjadi pada pasangan suami atau istri

"Sehingga, ketika ada membawa uang tunai yang dianggap mencurigakan, Itu juga ada yang mengingatkan ini uang apa? gaji kan ditransfer? Nah harus dijelaskan. Sepanjang bisa dijelaskan dari mana sumber awalnya, oke, tidak masalah," terangnya.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, Riza Patria menilai peran keluarga, terutama pasangan suami atau istri sangat penting dalam melakukan pendampingan dan pengawasan terhadap pasangannya terhadap tindakan korupsi.

"Para pasangan mengingatkan pasangannya dan menjadi benteng pertahanan pertama jika ada godaan-godaan tertentu yang mengarah pada tindakan korupsi," tambah Riza.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X