Polda Metro Beberkan Alasan Road Bike Boleh Melintas di JLNT Casablanca

- Jumat, 4 Juni 2021 | 17:58 WIB
Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo. (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah)
Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo. (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah)

Pesepeda road bike pada hari Sabtu dan Minggu mendapat fasilitas untuk melintas di jalan non tol (JLNT) Kampung Melayu-Tanah Abang atau JLNT Casblanca, Jakarta. Polda Metro pun membeberkan alasan pemberian fasilitas untuk road bike di JLNT tersebut.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo menyebut ada pertimbangan khusus kenapa sepeda motor roda dua tidak diperbolehkan melintas di JLNT namun road bike diperbolehkan. Sambodo menyebut pertimbangan jalan yang kecil membuat sepeda motor roda dua tidak diperbolehkan melintas di JLNT.

"Kalau saya lebih menyoroti kepada kenapa sepeda motor tidak bisa naik? Karena kan jalannya kecil, kemudian kalau motor naik di hari biasa di situ ada mobil lebih kepada mix traffic," kata Kombes Sambodo kepada wartawan, Jumat (4/6/2021).

Karena jalan di JLNT yang kecil, diperkirakan bisa saja terjadi kecelakaan antara sepeda motor roda dua dengan mobil. Jika terjadi kecelakaan, proses evakuasi di sana terbilang sedikit sulit.

"Jadi lebih rawan, kan turunan, mix traffic, senggolan, ada apa-apa mungkin escapenya darurat, emergencynya susah dan sebagainya," beber Sambodo.

BACA JUGA: UPDATE CORONA RI 4 Juni: Bertambah 6.486, Total Jadi 1.843.612

Lebih jauh Sambodo menyebut road bike diperbolehkan melintas di JLNT hanya pada jam-jam tertentu saja. Ketika road bike melintas, kendaraan lainnya tidak diperkenankan melintas hingga waktu yang ditentukan.

"Kalau sepeda kan dia tidak mix traffic, dia dedicated hanya untuk sepeda kecuali kalau ada sepeda, motor, mobil ya rawan. Kalau cross wind iya, tapi kalau saya lebih melihat dari mix traffic-nya itu yang kita hindari," pungkas Sambodo.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X