Anggaran Sumur Resapan yang Jadi Andalan Anies Tangani Banjir Dicoret DPRD DKI

- Kamis, 2 Desember 2021 | 10:17 WIB
Pembuatan sumur resapan untuk mengantisipasi banjir di Jakarta. (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)
Pembuatan sumur resapan untuk mengantisipasi banjir di Jakarta. (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)

Wakil Ketua Komisi D DPRD DKI, Nova Paloh mengungkapkan bahwa anggaran sumur resapan yang menjadi program andalan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan antisipasi banjir dipastikan dihapus pada APBD 2022 mendatang. 

Menurut Nova, hal tersebut diputuskan dalam pembahasan Rapat Badan Anggaran (Banggar). Saat itu, Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI mengusulkan anggaran untuk sumur resapan sebesar Rp330 miliar. 

"Di nol kan (anggaran sumur resapan) dari forum Banggar kemarin," ucap Nova Paloh, saat dikonfirmasi awak media, Rabu (2/12/2021). 

Namun, sebelum dibawa rapat ke Banggar, pembahasan di dalam Komisi D terkait permintaan anggaran sumur resapan tersebut dipotong, dan tidak lebih dari separuhnya, yakni menjadi hanya Rp120 miliar. 

"Kalau di komisi kan kita sudah kurangi jadi Rp120 miliar. Kalau di Banggar besar, kesepakatan terakhir akhirnya di nol kan," terangnya. 

Nova mengungkapkan, terdapat sejumlah alasan anggota Banggar memutuskan menghapus seluruh anggaran sumur resapan. Salah satunya adalah karena kerja dari sumur resapan belum signifikan mengatasi banjir di ibu kota. 

"Mungkin dari kawan-kawan ada beberapa masukan yang istilahnya di beberapa wilayah ada yang terlihat belum bisa menangani masalah banjir, terkait masalah resapan airnya gitu," tandas Nova.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X