Ngaku Beli KTA Palsu Rp2 Juta, Polisi Gadungan di Tol Kuningan Diamankan Polda Metro Jaya

- Rabu, 16 Juni 2021 | 18:23 WIB
Polisi gadungan ngaku beli KTA dan ID card palsu seharga Rp2 juta (Instagram/cetul222)
Polisi gadungan ngaku beli KTA dan ID card palsu seharga Rp2 juta (Instagram/cetul222)

Jajaran Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya berhasil mengamankan seorang pria mengaku sebagai anggota polisi yang berdinas di Biro Pengamanan Internal (Divpaminal) Divisi Propam Mabes Polri.

Saat dilakukan pemeriksaan di Polda Metro Jaya, polisi gadungan yang diketahui berinisial AHH itu mengaku membeli kartu tanda anggota (KTA) dan ID card palsu seharga Rp2 juta. 

Tak hanya KTA, mobil jenis Daihatsu Xenia yang dikendarai AHH juga diketahui memakai plat nomor palsu. 

Berdasarkan keterangan dari Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus, AHH mengaku bekerja sebagai karyawan swasta membeli KTA dan ID card palsu itu dari seseorang.

Alhasil akibat perbuatannya itu, AHH dikenakan pasal Pasal 263 KUHP atas KTA dan ID Card Polri palsu.

Seperti yang diketahui sebelumnya, personel Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya membekuk seorang pria bernama AHH, polisi gadungan yang mengaku berdinas di Biro Pengamanan Internal (Divpaminal) Divisi Propam Mabes Polri.

"Pelaku diringkus di Tol Kuningan arah Semanggi pada Selasa pukul 11.00 WIB," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol. Sambodo Purnomo Yogo saat dikonfirmasi di Jakarta, Rabu (16/6/2021).

Sambodo menjelaskan awalnya petugas mencurigai pengemudi kendaraan roda empat yang menggunakan plat nomor polisi palsu B 2355 TKI melintas dari arah Kuningan menuju Semanggi di lajur 3.

Lantaran ada kecurigaan, petugas Ditlantas Polda Metro Jaya menghentikan kendaraan pelaku yang beralamat di Bidara Cina, Jatinegara, Jakarta Timur, itu.

"Saat ingin diberhentikan si pengemudi mengeluarkan identitas Polri dan mengaku sebagai anggota Polri yang berdinas di Biro Paminal Div Propam Mabes Polri," ujar Sambodo.

Petugas mencurigai pelaku menggunakan identitas palsu Polri sehingga dibawa ke Polda Metro Jaya guna penyelidikan lebih lanjut.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X