FOTO: Penyelamatan Paus Bungkuk Terdampar di Argentina

- Rabu, 6 Oktober 2021 | 10:12 WIB
REUTERS/Mundo Marino
REUTERS/Mundo Marino

Tim penyelamat menyelamatkan dua paus bungkuk yang terdampar di sepanjang pantai Atlantik Argentina pada Selasa (5/10/2021).

Dilansir dari France24, paus tersebut terdampar di pantai kota resor tepi laut La Lucila del Mar, 220 mil (360 kilometer) selatan Buenos Aires.

"Paus pertama yang terdampar pada hari Minggu (3/10) adalah paus bungkuk betina remaja dengan panjang 32 kaki (9,8 meter) dan berat sekitar delapan ton," kata kelompok konservasi dalam sebuah pernyataan.

Paus kedua berjenis kelamin jantan dari spesies yang sama dengan panjang 28 kaki dan berat sekitar tujuh ton, terdampar pada Senin malam (4/10).

Sekitar 30 orang berpatisipasi dalam operasi penyelamatan, termasuk penduduk setempat, ahli konservasi laut, anggota Pertahanan Sipil, petugas penjaga pantai, petugas pemadam kebakaran, sukarelawan.

Upaya kolektif mereka memungkinkan hewan-hewan itu kembali ke laut.

"Setelah selesai mensurvei situasi hewan pertama, upaya dukungan utama segera dilakukan, termasuk memastikan posisi paus memungkinkan untuk bernapas, menjaga sirip dada di bawah air untuk menstabilkan suhu tubuhnya sebanyak mungkin," kata organisasi itu.

Seluruh prosedur itu "sulit". Pada satu titik, kekuatan ombak menjatuhkan paus itu sehingga lubang sembur mamalia itu berada di bawah air dan tidak bisa bernapas.

"Berkat tindakan cepat, mereka dapat membalikkannya," kata Sergio Rodriguez Heredia, ahli biologi di Pusat Penyelamatan World Marine Foundation.

Tim penyelamat menyelipkan kabel di bawah tubuh paus yang terhubung ke derek traktor, berharap bisa membebaskannya dari dasar laut berpasir.

Begitu paus menyadari bahwa ia bisa mengapung, ia berenang ke laut.

-
REUTERS/Mundo Marino
-
REUTERS/Mundo Marino
-
REUTERS/Mundo Marino

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X