Kartunis Pembuat Sketsa Nabi Muhammad Meninggal Dunia Akibat Kecelakaan Lalu Lintas

- Senin, 4 Oktober 2021 | 15:21 WIB
Lars Vilks (REUTERS/Vesa Moilanen)
Lars Vilks (REUTERS/Vesa Moilanen)

Seorang kartunis asal Swedia yang membuat sketsa Nabi Muhammad, yakni Lars Vilks dilaporkan mengalami kecelakaan lalu lintas. Kecelakaan tersebut pun membuat Vilks harus mengembuskan napas terakhirnya.

Menurut laporan dari BBC, Senin (4/10/2021), Vilks mengalami kecelakaan di dekat kota Markaryd di Swedia selatan pada Minggu waktu setempat. Mobil polisi sipil yang ditumpangi Vilks menabrak sebuah truk di daerah tersebut.

Selain Vilks, dua polisi lokal yang berada di dalam mobil yang sama pun turut menjadi korban dalam kecelakaan tersebut. Sementara supir truk mengalami luka parah akibat kecelakaan ini.

Sebuah pernyataan dari polisi mengatakan mereka masih mempelajari bagaimana tabrakan itu terjadi. Akan tetapi pada awalnya tidak ada yang menunjukkan bahwa terdapat orang lain yang terlibat dalam kecelakaan tersebut.

Vilks yang kini berusia 75 tahun memang hidup di bawah perlindungan polisi setelah menjadi sasaran ancaman pembunuhan usai membuat kartun Nabi Muhammad pada 2007 lalu. Bahkan dirinya mengaku sempat mendapatkan panggilan teror pada telepon gengamnya.

Kartun yang dibuat oleh Vilks sendiri diterbitkan pada 2007. Gara-gara hal itu, Vilks dinilai telah menyinggung banyak Muslim yang menganggap representasi visual Nabi sebagai penghujatan.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X