Hore! 84 Persen UMKM Diklaim Sudah Kembali Beraktivitas

- Jumat, 8 Oktober 2021 | 09:07 WIB
Pengunjung memilih produk UMKM yang dijual dalam rangkaian kegiatan
Pengunjung memilih produk UMKM yang dijual dalam rangkaian kegiatan

Strategi penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia, khususnya untuk segmen Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) mulai menunjukkan hasil positif. Hal tersebut terbukti dengan 84 persen UMKM dinyatakan telah beraktivitas kembali untuk mendorong kebangkitan ekonomi.

"Tercatat 84 persen UMKM berhasil kembali beraktivitas," kata Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate, seperti dilansir dari Antara, Jumat (8/10/2021).

Pemerintah, kata Johnny, terus melakukan upaya melakukan pemulihan ekonomi yang terdampak pandemi melalui berbagai program yang menyentuh sektor UMKM. Sektor UMKM menjadi salah satu sektor yang paling terpukul di tengah pandemi. Lesunya dunia UMKM sangat berdampak besar karena segmen ini memiliki serapan tenaga kerja dan investasi cukup tinggi.

UMKM yang saat ini berjumlah sekitar 64,2 juta disebutkan mampu menghimpun 60,42 persen dari total investasi di tanah air. Dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), pemerintah secara khusus mengalokasikan anggaran Rp162,40 triliun untuk menolong sektor UMKM.

Anggaran ini disalurkan dalam berbagai program, seperti subsidi bunga Kredit Usaha Rakyat (KUR), penempatan dana pemerintah di perbankan yang disalurkan dalam bentuk pembiayaan, Bantuan Presiden Produktif Usaha Mikro (BPUM), dan Bantuan Langsung Tunai (BLT) PKL dan warung.

"Dari anggaran tersebut, per Jumat (1/10) lalu telah terealisasi 42,1 persen dari pagu, atau sejumlah Rp68,43 triliun," kata Menkominfo.

Menkominfo Johnny juga mendorong agar pelaku UMKM untuk berpindah ke pasar online lewat berbagai platform jual beli yang tersedia. Ruang digital yang bisa diakses oleh setiap orang di banyak tempat, memungkinkan UMKM bertahan di masa sulit seperti saat ini.

"Digitalisasi UMKM harus terus ditingkatkan mengingat 58 persen penduduk Indonesia telah melakukan transaksi secara digital dengan nilai ekonomi yang tinggi," ujar Johnny.

Terkait pemberdayaan UMKM, Johnny menjelaskan, Kominfo melakukan pelatihan ekosistem digital juga dilakukan bagi 1.000 pelaku UMKM di lima Daerah Pariwisata Super Prioritas (DPSP) dan Kabupaten penerima infrastruktur Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI).

Kemudian, Kominfo juga melakukan pendampingan terhadap UMKM untuk go digital dengan memanfaatkan teknologi yang telah tersedia. 

“Pemerintah mendorong kolaborasi lintas pihak melalui gerakan Bangga Buatan Indonesia dan gerakan Bangga Berwisata di Indonesia," kata Menkominfo.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Motor Kepeleset, Dua Jambret Ditangkap di Monas

Senin, 18 Maret 2024 | 14:10 WIB
X