The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Vanuatu, Negara Kecil yang Kerap Usik Indonesia Soal Papua Terancam Tenggelam Selamanya
Salah satu resor yang ada di Vanuatu (Google Maps)
News

Vanuatu, Negara Kecil yang Kerap Usik Indonesia Soal Papua Terancam Tenggelam Selamanya

Senin, 27 September 2021 12:20 WIB 27 September 2021, 12:20 WIB

INDOZONE.ID - Nama negara Vanuatu kembali menjadi sorotan setelah sang Perdana Menteri Bob Loughman Weibur menuding Indonesia melakukan pelanggaran hak asasi manusia (HAM) di Papua.

Ini bukan kali pertama Vanuatu mengusik Indonesia soal Papua. Pada 2020 lalu, Bob Loughman Weibur juga menyinggung persoalan yang sama di Sidang Umum PBB.

Saat itu, Vanuatu diskakmat oleh diplomat muda Indonesia Silvany Austin Pasaribu. Sekretaris Kedua PT RI PBB New York itu meminta Bob Loughman Weiber untuk tidak mencampuri urusan internal negara lain.

Nah yang terjadi baru-baru ini, diplomat muda lainnya, Sindy Nur Fitri juga melakukan hal yang sama di Sidang Umum PBB.

Dia menilai tudingan Bob Loughman Weibur tidak berdasar dan sebaiknya tidak perlu mempersoalkan kedaulatan dan mencampuri integritas teritorial negara lainnya.

Vanuatu terancam musnah dari bumi

Pada 2019, Sekretaris Jendral PBB António Guterres menjadi sorotan setelah tampil di sampul majalah Time yang judul 'Planet Kita yang Tenggelam'.

Dalam catatan PBB yang dilaporkan Time, ada sembilan negara di Samudera Pasifik yang terancam musnah dari daratan bumi akibat pemanasan global.

vanuatu
Majalah Time dengan sampul Sekjen PBB (Istimewa)

Salah satu negara yang bakal tenggelam itu adalah Vanuatu.

Menurut PBB, Vanuatu merupakan negara yang paling sering terkena bencana alam, entah itu dari lini air maupun udara. Menurut penelitian, air laut di kawasan Vanuatu meningkat satu centimeter per tahunnya.

Dengan volume air yang semakin tinggi di kawasannya, tak menutup kemungkinan republik yang dihuni lebih dari 300 jiwa itu akan lenyap tenggelam ditelan air.

Dikhwatirkan dalam lima dekade dari sekarang, kepualauan Vanuatu akan tenggelam selamanya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahrizal Daulay
Nanda
Nanda

Nanda

Writer
JOIN US
JOIN US