Soal Kebocoran Data, Pimpinan DPR Minta Para Pejabat Pemerintahan Cari Solusi Bersama

- Senin, 6 September 2021 | 18:04 WIB
Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad. (Humas DPR)
Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad. (Humas DPR)

Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad mendorong agar pemerintah dapat segera menyelesaikan dugaan kebocoran data pribadi masyarakat di aplikasi Electronic Health Alert Card (e-HAC) milik Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan kemudian sertifikat vaksin milik Presiden Joko Widodo (Jokowi) di aplikasi PeduliLindungi.

Dia berkata, alangkah baiknya dalam menyelesaikan kebocoran data tersebut para pejabat di pemerintah tidak saling melempar tanggung jawab dan kemudian saling mencari-cari kesalahan kementerian atau lembaga lain.

"Baiknya sih kita jangan mencari kambing hitam permasalahan. Karena memang di Indonesia semua kementerian jadi pegang data," kata Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (6/9/2021).

Dia mencontohkan Kementerian/Lembaga yang memegang data pribadi masyarakat. Mulai dari Kementerian Dalam Negeri memang data berkaitan dengan Pemilu, Kementerian Kesehatan pegang data mengenai Kesehatan dan BPJS juga demikian.

"Kemendagri pegang data karena berkaitan dengan pemilu, Kemenkes pegang data juga berkaitan dengan kesehatan, BPJS juga pegang," jelas Dasco.

Selain itu, Dasco mengharapkan para Kementerian/Lembaga dapat saling duduk bersama mencari solusi ihwal kebocoran data pribadi ini.

"Memang kalo saling lempar mengenai tanggung jawab dari mana data yang bocor itu enggak akan ada habis-habisnya. Lebih baik kita sama sama duduk, dan mencari solusinya," tutur dia.

Di sisi lai, Dasco kembali menyinggung perihal pentingnya Undang-Undang Perlidungan Data Pribadi (UU PDP) untuk segera disahkan pasca dugaan kebocoran data ini. Menurutnya RUU PDP sedang dibahas antara DPR dengan pemerintah. Kemudian diharapkan antara pemerintah dengan DPR dapat segera ditemukan titik temu mengenai RUU PDP ini

"Ini sedang digodok di DPR, antara DPR dan pemerintah dengan diskusi-diskusi yang panjang. Dan dengan daftar infertarisir masalah yang memang begitu banyak kita lihat. Mudah-mudahan bisa segera ada titik temu yang tentunya ini semua tentu akan menghasilkan UU bagi rakyat dan bagi kita semua," tandas Dasco.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X