Presiden Baru Zambia Kaget saat Tahu Kas Negaranya Kosong Karena Kasus Korupsi

- Jumat, 3 September 2021 | 12:44 WIB
Presiden Zambia, Hakainde Hichilema. (REUTERS/Rogan Ward)
Presiden Zambia, Hakainde Hichilema. (REUTERS/Rogan Ward)

Presiden Zambia, Hakainde Hichilema terkejut manakala dirinya yang baru saja menjabat dari presiden baru, tahu jika tingkat korupsi di negaranya sangat mengerikan.

"Orang-orang masih mencoba melakukan pergerakan dana di menit-menit terakhir, yang tidak sah, yang bukan milik mereka," katanya, dikutip dari BBC, Jumat (3/9).

Hichilema lantas berjanji akan mengatasi korupsi di Zambia. Ia juga berkeinginan bisa mengatasi krisis keuangan dan perekonomian yang tampak dari banyaknya utang negara.

Hichilema juga mengaku jika saat ini kondisi keuangan negaranya sangat kosong.

"Lubangnya (defisit keuangan) jauh lebih besar dari yang kami harapkan dan situasi utang belum diungkapkan sepenuhnya oleh pemerintah sebelumnya," katanya.

Hichilema berjanji akan segera menyelesaikan apa yang menjadi permasalahan di negaranya, termasuk soal pergerakan dana ilegal tersebut.

"Anda mungkin merasa tidak ada yang bisa melakukan hal seperti itu (korupsi besar-besaran), tapi itu sudah terjadi. Orang-orang telah melakukannya. Mereka masih mencoba melakukan sesuatu sekarang," katanya lagi. 

Diketahui, Zambia memiliki utang kepada pemberi pinjaman asing sebesar 12 miliar dollar AS atau setara Rp170,8 triliun. Jumlah tersebut setidaknya menghabiskan 30 persen dari pendapatan negara untuk membayar bunga pinjaman. 

Pada 2020, Zambia juga gagal untuk membayar bunga dan menjadikannya negara pertama yang gagal membayar pinjaman selama pandemi Covid-19.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

Motor Kepeleset, Dua Jambret Ditangkap di Monas

Senin, 18 Maret 2024 | 14:10 WIB
X