The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

2 Orang Pemudik Tujuan Solo Lolos dari Sistem Penyekatan, Lalu Dinyatakan Positif COVID-19
Ilustrasi mudik (Antaranews)
News

2 Orang Pemudik Tujuan Solo Lolos dari Sistem Penyekatan, Lalu Dinyatakan Positif COVID-19

Jumat, 07 Mei 2021 20:13 WIB 07 Mei 2021, 20:13 WIB

INDOZONE.ID - Dua orang pemudik tujuan Solo lolos dari sistem penyekatan yang dilakukan petugas.

Namun, kedua pemudik itu belakangan dinyatakan positif COVID-19.

Hal ini disampaikan Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Surakarta Ahyani, Jumat (7/5/2021).

"Ada yang datang lima orang asal Tangerang, dua di antaranya positif, yang satu dibawa ke Donohudandan yang satu karena bergejala maka dibawa rumah sakit. Tiga yang lain ke STP (Solo Technopark) kemarin sore," kata Ahyani dilansir ANTARA.

Ahyani mengatakan, situasi tersebut membuktikan bahwa jogo tonggo cukup efektif untuk memastikan keberadaan para pemudik.

"Jadi pemudik ini rencananya mau ke Serengan, tiba di Solo kemarin. Namun dari jogo tonggo langsung melapor untuk selanjutnya dibawa ke STP, pas di sana pemudik menjalani swab antigen, skrining, positif hasilnya. Langsung saja dibawa Donohudan dan kalau bergejala dibawa ke rumah sakit," katanya.

Ahyani menambahkan, pihaknya terus berupaya mewaspadai peningkatan jumlah kasus positif COVID-19 di Kota Solo seiring dengan mulai masuknya para pemudik.

"Peningkatan ini harus diwaspadai, mungkin karena kami terlalu terbuka banyak sekali interaksi, pendatang," katanya. 

Berdasarkan data, terjadi penambahan jumlah kasus positif COVID-19 sebanyak 42 orang. Meski demikian, pada hari yang sama ada penambahan 18 orang yang sembuh dari serangan virus tersebut.

"Kalau klaster merata, kebanyakan dari klaster keluarga. Ya evaluasinya kami lebih memperketat protokol kesehatan dan mengoptimalkan peran jogo tonggo di masyarakat," katanya.

Selain itu, pihaknya juga tidak kendor untuk melakukan penelusuran kontak di masyarakat untuk meminimalisasi penyebaran virus tersebut.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Nanda Fahriza Batubara
JOIN US
JOIN US