Keren! Anggota TNI Ini Fasih Berbicara Tujuh Bahasa Asing

- Rabu, 9 Oktober 2019 | 14:46 WIB
Dok. Puspen TNI
Dok. Puspen TNI

Menguasai bahasa asing di era sekarang ini adalah hal yang sangat penting. Dengan menguasai bahasa asing, setidaknya Bahasa Inggris, akan membuat kamu lebih diperhitungkan. Namun, belajar bahasa asing bukanlah perkara yang mudah.

Baru-baru ini, seorang anggota TNI bernama Kopral Dua Hardius Rusman tengah viral di media sosial karena kemampuannya dalam berbahasa asing. Tidak hanya satu bahasa asing saja, dia bahkan menguasai sampai 7 bahasa asing!

Kopda Hardius menguasai secara fasih bahasa Jerman, Prancis, Portugis, Belanda, Spanyol, Inggris dan Italia. Hardius mengaku mulai belajar bahasa asing sejak duduk di bangku SMA.

Tujuannya kala itu adalah karena ingin mengetahui lebih banyak mengenai dunia, budaya-budaya negara lain, serta kulinernya yang beragam. Seiring berkembangnya waktu, kemampuannya juga meningkat drastis. Ini membuatnya dipercaya untuk menjadi pemandu saat mendampingi istri dan keluarga atase militer dari 22 negara yang mengunjungi Aceh, 6 Agustus 2019.

Kopda Hardius mengatakan ingin menambah satu lagi perbendaharaan bahasanya, yaitu bahasa Arab. Kopda Hardius sendiri bertugas di Kodim 0111/Bireuen Kodam Iskandar Muda (IM). Dia menyelesaikan sekolah menengahnya di SMA 2 Bengkulu Selatan.

Selain belajar bahasa asing secara otodidak, dia juga belajar melalui grup Whatsapp yang anggotanya berasal dari berbagai negara di dunia. Dengan begitu, kosakatanya semakin bertambah, begitu pula gramatikalnya.

Kemampuannya ini membuat Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto ikut kagum. Marsekal Hadi mengundang Kopda Hardius untuk datang ke Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (7/10/2019). Di sana, mereka sempat bercakap-cakap dengan menggunakan Bahasa Prancis. Seperti diketahui, Marsekal Hadi juga fasih berbahasa asing ini.

"Dengan kemampuan menguasai tujuh bahasa asing, diharapkan Kopda Hardius Rusman bisa memberikan kontribusi kepada masyarakat pada umumnya dan institusi TNI pada khususnya," ucap Marsekal Hadi.

Kopda Hardius juga diundang ke program talkshow di salah satu stasiun untuk memperlihatkan kemampuannya dan cerita menarik yang melatarbelakanginya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X