Pertama Kali, Mahasiswa Papua Dapat Beasiswa dari Amerika Serikat

- Jumat, 11 Oktober 2019 | 09:00 WIB
Gubernur Papua saat menerima kunjungan delegasi Universitas Rhode Island Amerika Serikat. (Humas Pemprov Papua)
Gubernur Papua saat menerima kunjungan delegasi Universitas Rhode Island Amerika Serikat. (Humas Pemprov Papua)

Universitas Rhode Island (URI), Amerika Serikat (AS) memberikan beasiswa kepada mahasiswa di Universitas Cendrawasih (Uncen), Jayapura. Pemeberian beasiswa sebagai bentuk kerja sama antara URI dan Uncen.

Gubernur Papua, Lukas Enembe mengapresiasi URI atas dukungannya terhadap peningkatan sumber daya manusia (SDM) asli Bumi Cendrawasih.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Papua saat menerima delegasi URI AS di Gedung Negara Jayapura pada Kamis (10/10) malam, dimana pertemuan tersebut merupakan tindak lanjut dari kerja sama kedua belah pihak bidang pendidikan.

"Pemberian beasiswa ini merupakan yang pertama kalinya bagi anak-anak Papua dari Pemerintah Amerika," kata Lukas.

Lukas menjelaskan terdapat enam orang putra putri asli Bumi Cenderawasih yang mendapatkan beasiswa dari URI dan Pemerintah Providence, AS.

Keenam pelajar Papua itu sebelumnya menjalani pendidikan di Everet Community College, Washington dan West Nottingham Academy, Maryland Amerika Serikat.

"Mereka mendapatkan kesempatan bersama puluhan pelajar lainnya dari seluruh dunia untuk melanjutkan kuliah di URI karena memiliki nilai akademik dan prestasi tebaik di sekolah," ujarnya.

Senada dengan Lukas Enembe, Wakil Rektor URI Gifty Ako-Adounvo mengatakan kerja sama URI dan Pemprov Papua bersama Uncen Jayapura merupakan sebuah kehormatan bagi pemerintah Amerika dalam mendukung pengembangan SDM asli Papua di mana pihaknya siap mendukung visi dan misi pemerintah daerah setempat di bidang pendidikan.

"Kami bangga bisa bertemu langsung dengan Gubernur Papua, salam hangat dari Rektor URI kepada beliau dan jajaran kami merasa kagum dan siap menopang visi misi membangun masyarakat Papua," kata Gifty.

Ia menjelaskan selain memberikan dukungan beasiswa kepada putra-putri Papua untuk kuliah di URI, pihaknya juga membuka kesempatan bagi tenaga-tenaga pengajar di Tanah Papua untuk pengembangan keilmuan dan penelitian.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X