Nama Presiden Xi Jinping Menjadi 'Mr. S**thole' di Facebook
Kiri: Tangkapan layar unggahan kesalahan penerjemahan Facebook. Kanan: Presiden Xi Jinping dan Aung San Suu Kyi (Nyein Chan Naing/Pool via REUTERS)
News

Nama Presiden Xi Jinping Menjadi 'Mr. S**thole' di Facebook

Minggu, 19 Januari 2020 14:19 WIB 19 Januari 2020, 14:19 WIB

INDOZONE.ID - Nama Presiden Tiongkok, Xi Jinping, diterjemahkan sebagai "Mr Shithole" di platform Facebook. Hal ini terjadi ketika unggahan berbahasa Burma itu diterjemahkan ke Bahasa Inggris.

Pada unggahan akun Facebook Myanmar State Counsellor Office, menjabarkan pertemuan antara Presiden Xi dengan penasihat negara Myanmar, Aung San Suu Kyi. Tiongkok bersedia mendukung lusinan perjanjian terkait rencana infrastruktur besar-besaran di Myanmar.

Ketika unggahan itu diterjemahkan ke Bahasa Inggris memakai fitur penerjemah di Facebook, hasilnya dipenuhi dengan rujukan ke "Mr. Shithole", dilansir dari Reuters Minggu (19/1/2020).

Kesalahan teknis ini langsung membuat Facebook Inc. menyatakan permintaan maaf. Mereka menegaskan telah memperbaiki masalah teknis tersebut dan memastikan masalah serupa tidak terulang kembali.

"Kami memperbaiki masalah teknis yang menyebabkan terjemahan yang salah dari bahasa Burma ke bahasa Inggris di Facebook. Ini seharusnya tidak terjadi dan kami mengambil langkah-langkah untuk memastikan itu tidak terjadi lagi. Kami dengan tulus meminta maaf atas pelanggaran yang disebabkan ini," kata pernyataan Facebook.

Facebook berkilah hal ini disebabkan karena sistem database bahasa Burma di Facebook tidak memiliki nama Presiden Xi Jinping. Sistem membaca kata "Xi" sebagai "Shi" yang kemudian diterjemahkan sebagai "Shithole".

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zega
Zega

Zega

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU